Bahan Kain Jersey dan Jenis – Jenis Kain Jersey

Assalamualaikum  Teman-teman agustinnesia

Apakah kamu memiliki kaos spot atau kaos olahraga? Tentu sebagian teman-teman agustinnesia punya, apalagi sista yang sering rajin berolahraga atau jogging dihari libur, nah apakah teman-teman ada yang tahu kaos atau baju yang kamu pakai untuk berolahraga menggunakan bahan apa? Tentu dari teman-teman memiliki pakaian olahraga yang menggunakan jenis kain bermacam-macam, setelah kemarin kita membahas mengenai kain  Twiscone pada ulasan kali ini agustinnesia akan membahas mengenai kain jersey, karakteristik kain jersey dan jenis-jenis dari kain jersey. Mungkin udah ada yang tahu? Apa mungkin belum mengetahuinya teman-teman? Yuk jangan lewatkan ulasan mengenai kain jersey yang sering digunakan untuk dalam pembuatan pakaian sport, olahraga dan lainnya. Jangan lupa share ke teman-teman lainnya jika ulasan ini berguna dan berbagi informasi kepada sahabat kamu sista.

Kain jersey merupakan kain yang dibuat dari jenis tekstil rajutan, yang terdiri dari serat katun seluruhnya atau sebagian dicampur dengan serat sitentis. Asal mula penyebutan nama kain jersey yaitu dari nama Pulau Jersey. Jersey adalah pulau terbesar dari gugusan pulau yang dikenal sebagai Kepulauan Channel, yang terletak antara Inggris dan Perancis. Alasan mengapa banyak orang yang menyukai kain jersey adalah faktor perengangan. Kain dapat merengang hingga 25 persen dari bentuk semula. Selain itu, kain ini cenderung melekat pada tubuh. Kain ini juga digunakan untuk bahan gaun atau dress yaitu memanfaatkan karakteristik kain yang melekat atau pas di badan. Kain jersey juga tersedia bermacam-macam warna dan pola yang sesuai dengan selera. Ketika menjahit kain jersey, sebaiknya kain dicuci terlebih dahulu terutama jika bahan kainnya adalah kapas atau katun. Semua rajutan cenderung menyusut ketika dicuci, dan mencuci terlebih dahulu akan menghilangkan masalah penyusutan.

Karakteristik Kain Jersey

Karakteristik atau ciri-ciri bahan jersey ini adalah merupakan kain katun sterch, halus, lebih tebal dibandingkan dengan kain spandex, rayon, serta tidak berbulu, memiliki daya serap keringat yang tergolong cukup tinggi, namun daya serapnya masih di bawah kain katun.

Penggunaan Kain Jersey

Penggunaan dari kain jersey ini adalah secara umum banyak digunakan untuk membuat kaos, seperti kaos jersey bola, kaos olah raga atau spot, dan juga selimut musim dingin. Dengan sifat yang hangat, fleksibel, elastis dan dapat mencegah panas badan keluar, ini menjadi salah satu pilihan tepat untuk menggunakannya sebagai lapisan pakaian yang paling dekat dengan kulit badan.

Jenis– Jenis Kain Jersey

  •  Kain Jersey High Twist
image from : evans.co.uk

Kain jersey high twist merupakan kain jersey yang terdapat campuran bahan polyester, dan merupakan salah satu jenis jersey yang banyak beredar dipasaran karena harganya yang terjangkau dan rajutan kainya yang telihat rapat dan mengkilap. Bahan jersey jenis High Twist mempunyai variasi warna-warna yang banyak, karena terdapat campuran bahan polyester maka sifatnya agak sedikit panas. Ada dua jenis dari bahan jersey high twist ini yaitu yang pertama kain jersey high twist tenun yang tidak melar, umumnya digunakan untuk baju model blazer, jas, dan sejenisnya. Yang ke dua kain jersey high twist jenis kaos dengan karakteristik melar dan banyak digunakan untuk bahan jilbab, pakaian, dan model lainnya.

  • Kain Jersey Spandek

Kain spandex jersey atau Spandex ITY/ATY,sering juga disebut dengan spandek jersey korea. Spandek ITY adalah nama lain dari bahan jersey yang mempunyai kualitas paling tinggi dipasaran. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa sebutan ini merupakan sebutan bahan jersey yang asli dari pabrik. Ciri-ciri kain jersey spandek diantaranya kainnya yang sangat jatuh, keset dan tidak kasar, serta terlihat sangat halus, tidak mengkilap, adem dan lembut saat disentuh.

  • Kain Jersey Stella
image from : agustinnesia.com

Kain Jersey stella kualitasnya berada satu tingkat dibawah kain jersey Spandex ITY. Ciri-ciri kain jersey stela yaitu keset dengan sedikit licin dibandingkan spandex ITY, jika diamati dari dekat terlihat serat katun seperti bahan kaos, adem saat dikenakan.

Baca Juga Artikel Lainnya : Bahan Kain Twiscone, Karakteristik Kain Twiscone dan Kelebihannya Bahan Kain Twiscone

  • Kain Jersey Serena

Kain jersey serena memiliki tekstur yang lembut dan padat, dengan berat jenis sekitar 0,21 kg/m2. Bahan ini biasanya digunakan untuk membuat seragam olahraga. Kain Jersey serena merupakan bahan yang mendekati bahan pakaian yang diproduksi oleh Adidas dan Nike.

  • Kain Jersey Etiway

Jenis Jersey Etiway ini dapat dimasukan kedalam jenis High Twist, namun ada yang berbeda dari keduanya yaitu beratnya 210gsm serta ukuran lebarnya 180cm. jenis Kain Jersey Etiway memiliki karakteristik sedikit mengkilap, bahannya juga jatuh, cukup dinggin saat dikenakan, namun memiliki serat rajutan yang terlihat tidak rapi.

  • Kain Jersey Scarlett dan Jersey Serly
image from : evans.co.uk

Bahan kain jersey selanjutnya adalah Kain jersey scarlett dan jersey serly kedua jersey ini adalah yang paling murah dipasaran, dengan kualitas lebih rendah bibandingkan jenis kain jersey yang sudah disebutkan diatas. Berat dan bahan jersey tipe ini berkisar 140gsm sampai dengan 210gsm. Kain jersey scarlett dan jersey serly memiliki beberapa ciri-ciri yang khas untuk jenis ini. Kain jersey scarlett dan jersey serly jika dilihat lebih kasar, sedangkan untuk seratya juga kurang rapi. Sertatnya lebih terlihat agak merengang, bahan ini juga sedikit dingin, untuk warna kurang terang saat kita melihatnya, untuk soal harga jangan ditanya, jenis jersey ini adalah yang paling murah dipasaran, diantara jenis-jenis kain jersey lainnya.

Baca Juga Artikel Lainnya : Mengenal Kain Polyester, Kelebihan Kain Polyester dan Jenis-Jenis Kain Polyester

Sekarang teman-teman lebih tahu mengenai kain jersey tentunya setelah membaca ulasan diatas, semoga ulasan diatas bermanfaat untuk sahabat agustinnesia.

Jika kamu suka menulis dan memiliki ide daninspirasi ingin dipublikasikan di agustinnesia bisa sista. Agustinnesia.comjuga menyediakan merchandise cantik untuk kamu yang sudah bersemangatmembagikan tulisan kamu diagustinnesia.com

Jangan lupa bagikan ke teman-teman terdekat yah.

Waalaikumsalam – sahabat muslimah

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *