Bahan Kain Denim, Karakteristik Kain Denim dan Jenis-Jenis Kain Denim

“Assalamualaikum teman-teman agustinnesia”

Apa itu Kain Denim? saat ini banyak sekali kita temui celana, baju, jaket, rok, aneka jenis pakaian lainya yang terbuat dari bahan kain denim. tetapi, apakah kamu tahu apa itu bahan denim, dan juga sejarah asal mula kain denim itu muncul. Nah mungkin ada dari teman-teman agustinnesia yang belum tahu mengenai kain denim, agustinnesia pada kesempatan kali ini kita akan membahas untuk Anda semuanya.

Sejarah Kain Denim

Kain denim adalah kain dengan material yang terbuat dari kain katun twill. Kain denim awal mulanya tercipta di sebuah kota di Perancis, yaitu kota Nimes. Awalnya bahan ini disebut “Serge de Nimes” Kemudian disingkat menjadi de Nime atau lebih popular disebut Denim. Pada awal abad ke 17 denim juga popular di Inggris. Setelah itu kain denim semakin popular di kalangan para penggemar fashion di Eropa. Nama kain denim mulai merebut ke daratan Amerika sehingga kain denim digunakan untuk pembuatan celana Koboi.

Karakteristik Kain Denim

Kain Denim Merupakan kain yang sangat kuat yang memiliki karakter agak tebal, mirip karpet namun lebih tipis dan juga lebih halus. Pada awal mula produksi kain denim hanya memiliki satu warna yaitu warna indigo. Namun sering perkembangan zaman dan permintaan maka saat ini kain denim memiliki warna yang cukup bervariasi seperti hitam, putih, abu-abu, putih, coklat, biru gelap, biru terang, dan warna lainnya.

Jenis-Jenis Kain Denim

1. Kain Dry Denim atau Raw Denim

Kain dry denim adalah kain denim yang tidak melalui proses pencucian setelah diwarnai, sehingga kainnya lebih keras dan kaku dan masih akan mengalami penyusutan. Selain itu karena tidak melalui proses pencucian, warna pada dry denim juga solid atau tanpa ada bagian yang luntur. Seiring waktu ( Setelah dipakai selama beberapa bulan ), warna ini pada akhirnya akan luntur, tapi di bagian-bagian tertentu sesuai dengan perilaku pemakai pemakaian pemiliknya. Ini membuat kain denim tersebut terlihat unik dan natural.

2. Kain Pre Washed Denim

Kain pre washed denim adalah kain denim yang sudah melalui proses pencucian. Kainnya lebih lentur sehingga nyaman sejak pertama kali dipakai. Selain itu, karena sudah dicuci sebelumnya, kain tidak akan mengalami penyusutan. Untuk warna, pre washed denim sudah memiliki beberapa bagian pola lunturnya biasanya sudah ditentukan oleh penjahit atau pembuat denimnya.

3. Kain Ramie Denim

Kain ramie denim adalah kain denim yang dicampur dengan serat tanaman rami. Campuran ini membuat kain denim yang dihasilkan menjadi lebih halus dari biasanya, serta bisa mengurangi kerutan-kerutan pada kainnya. Denim jenis ini juga tidak mudah kotor dan mudah menyerap air.

4. Kain Stretch Denim

Kain Stretch denim adalah kain denim yang dicampur dengan bahan elastis yaitu bahan spandek sekitar dua hingga tiga persen, sehingga membuat kain jenis denim ini sering digunakan untuk membuat celana jeans, terutama jeans wanita.

Baca Juga Artikel Lainnya : Mengenal Bahan Kain Kasmir, Kashmir atau Cashmere

5. Kain Poly Denim

Kain poly denim adalah kain denim yang dicampur dengan polyester. Bahan ini membuat kain denim yang dibuat menjadi lebih ringan dan cocok digunakan untuk acara formal atau semi-formal. Selain itu, kain denim juga lebih cepat kering ketika dicuci.

6. Kain Black Coated Denim atau Waxed Denim

Kain balac coated denim adalah jenis kain yang dilapisi dengan akrilik berwarna hitam untuk mengawaetak kain sehingga lebih tahan lama. Selain itu, denim jenis ini juga otomatis akan berwarna hitam dan terlihat mengkilap. Namun warna pada kain itu juga akan luntur seiring pemakaian.

Penggunaan Kain Denim

Seiring perkembangan zaman penggunaan kain denim sebagai bahan pakaian juga mengalami perkembangan, banyak produsen busana, garmen, serta pengembang fasion mulai menciptakan model-model busana dan pakaian menggunakan bahan kain denim.

Kain denim juga dapat digunakan untuk berbagai macam busana, diantaranya kain denim digunakan untuk celana yang biasa disebut celana jeans, jadi jeans bukanlah bahan yang dipakai tetapi sebutan untuk celana yang menggunakan bahan kain dari denim. Selain untuk celana kain denim biasanya digunakan untuk membuat jaket, rompi, topi dan tas. Ulasan mengenai kain denim sudah kita ulas, semoga artikel diatas bermanfaat untuk sahabat agustinnesia, kalian tentu memiliki pakaian atau jeans yang menggunakan bahan denim iya kan.

 

Jika sahabat agustinnesia ingin berkontribusi menulis artikel yang bermanfaat untuk teman-teman lainnya, kamu bisa menghubungi kontak kami, kamu akan mendapatkan merchandise dari agustinnesia”. Terimakasih teman-teman

Baca Juga Artikel lainnya : Bahan Kain Crepe, Karakteristik Kain Crepe, dan Jenis-Jenis Kain Crepe

 

Jika artikel ini bermanfaat boleh kamu bagikan kepada teman-teman kamu.

Waalaikumsalam

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *