Tips Memilih Motif Jilbab Untuk Wajah Bulat – Yang Bisa Kamu Coba

Assalamu’alaikum – Teman teman Agstinnesia Hijab

Hampir semua wanita khususnya muslimah berjilbab (hukum memakai hijab bagi wanita) membutuhkan gaya yang menarik agar lebih percaya diri. Kreasi jilbab terdiri dari bentuk dan motif jilbab yang akan digunakan serta cara menata atau merangkai jilbab agar cocok dengan bentuk wajah. Model jilbab untuk wajah bulat menjadi poin utama dalam menentukan gaya model berjilbab yang akan dipakai agar terlihat modis dan eye catching. Setiap wanita menginginkan penampilan yang sempurna agar bisa menjadi pusat perhatian. Wanita umumnya lebih detail memperhatikan bagian tubuh terutama bagian tubuh yang dianggap mengganggu penampilan. Wanita yang berwajah bulat ingin tampilan berjilbabnya menarik dengan menggunakan trik khusus agar pipinya terlihat lebih tirus.




Berwajah bulat itu sebenarnya tidak sulit untuk memilih gaya berjilbab agar dapat manfaat menutup aurat. Jangan khawatir jika pemakaian kerudung atau jilbab yang membungkus wajah akan membuat bentuk wajah terlihat semakin besar dan kurang proporsional. Jilbab bermotif menjadi pilihan saat bosan dengan jilbab polos atau pakaian yang dikenakan terlalu polos. Pilihan warna dan ukuran motif menjadi hal utama yang harus diperhatikan saat memilih motif jilbab bagi wanita yang berwajah bulat. Berikut beberapa tips memilih motif jilbab untuk wajah bulat.

1. Motif Polkadot

Jilbab dengan motif polkadot sempat booming dan sebenarnya tidak pernah lekang oleh waktu. Motif jilbab polkadot menjadi idaman bagi kebanyakan muslimah karena bisa membuat wajah lebih cerah dan ceria. Hijab bermotif polkadot adalah pilihan yang paling tepat bagi wanita yang memiliki wajah bulat. Wajah bulat dengan polkadot yang juga bulat, apakah cocok? Mungkin itu pertanyaan yang terlintas dalam pikiran. Jawabannya adalah cocok terutama saat memakai busana berwarna hitam. Busana hitam dipadukan dengan motif polkadot putih sangat cocok (cara merawat jilbab monchrome). Tidak hanya warna motif, ukuran motif polkadot juga harus diperhatikan. Bagi orang yang berwajah bulat sebaiknya memilih motif polkadot yang kecil, bahkan menyerupai titik. Pengaplikasian gaya jilbab dengan motif polkadot sebaiknya pada momen atau suasana santai (casual) agar menampilkan kesan yang unik dan klasik.

2. Motif Simetris atau Pola Besar

Saat bosan memakai jilbab polos tentunya jilbab bermotif adalah pilihan yang tepat. Motif yang simetris atau berpola besar harus dipilih. Jangan lupa untuk memilih jilbab bermotif dengan ruang kosong sehingga tidak terlalu ramai. Pola yang simetris bisa menciptakan bayangan di leher dan kedua sisi wajah. Pola besar dapat diatur sehingga motif besar berada di belakang dan kain polos diletakkan di atas kepala sebagai penutup dahi. (baca: perbedaan hijab, jilbab, dan tudung)

3. Motif 2 Warna

Jilbab dengan pencampuran motif 2 warna juga bisa dijadikan pilihan bagi wanita yang berwajah bulat. Jilbab bermotif hitam dan putih sangat cocok, tetapi perpaduan warna lain juga cocok. Berbagai motif jilbab (arti hijab sesungguhnya) termasuk motif jilbab 2 warna ini tidak selalu bisa dipakai oleh semua wanita. Bagi pemilik wajah bulat sebaiknya pilih motif kombinasi 2 warna antara lain motif diagonal, zigzag, vertikal, dan horizontal. Pilihan warna jilbab yang tepat adalah warna bernuansa dingin seperti kombinasi putih dan biru muda atau putih dan pink agar bisa memberikan kesan tirus (slim) pada wajah terutama pipi yang tembam. Ingatlah selalu untuk menyesuaikan busana yang akan dikenakan dengan jilbab kombinasi 2 warna ini agar penampilan semakin menarik. Kalau bisa pilih baju yang warnanya senada dengan salah satu warna motif jilbab agar lebih ciamik. Misalnya, pakai baju pink dengan jilbab bermotif putih dan pink.

4. Motif Abstrak

Motif abstrak yang bernuansa warna gelap seperti hitam, biru tua (navy blue), atau cokelat tua adalah kunci untuk jilbab bagi pemilik wajah bulat. Pemilihan jilbab bermotif abstrak harus memiliki rincian motif yang kecil atau sebaiknya seperti titik sehingga tidak membuat wajah terlihat lebih besar dan bulat.

5. Motif Garis

Jilbab dengan motif garis adalah pilihan yang sangat tepat bagi wanita yang berwajah bulat karena bisa memanipulasi bentuk wajah. Pilih motif garis kecil-kecil dan rapat agar wajah terlihat lebih tirus atau panjang. Bentuk garis juga harus diperhatikan karena memengaruhi bentuk wajah. Pilihlah garis diagonal atau vertikal agar wajah bulat tersamarkan. Sedangkan untuk warna jilbab bisa disesuaikan dengan gaya yang ingin ditampilkan. Jika penampilan ingin lebih casual sebaiknya pilih kombinasi yang lebih halus (soft).

6. Hindari Motif Kecil dan Ramai

Jilbab bermotif paling cocok digunakan saat memakai pakaian yang polos dari bawahan hingga atasan, tetapi ada juga yang berani memakai bawahan bermotif dengan jilbab bermotif juga. Hal yang harus dihindari adalah memakai jilbab bermotif dengan atasan bermotif karena akan terlihat begitu ramai. Bagi pemilik wajah bulat agar perhatian tidak terpusat pada wajah sebaiknya hindari jilbab dengan motif kecil-kecil dan ramai. Sama halnya dengan penggunaan aksesoris pada hijab juga tidak boleh terlalu ramai. Jika ingin memakai anting-anting sebaiknya pilih yang berukuran panjang dan ramping daripada bulat besar karena wajah akan semakin bulat. Gunakan bros (cara merawat bros jilbab) yang berukuran kecil dan letakkan di bawah leher, pundak, atau di atas kepala.

Itulah beberapa motif yang bisa dipilih sebagai cara memilih jilbab sesuai bentuk wajah agar terlihat lebih menarik. Tidak usah lagi kesal atau pusing dengan wajah bulat karena wajah menggemaskan itu bisa tersamarkan dengan pilihan jilbab yang tepat.

Selamat mencoba teman-teman, semoga artikel diatas dapat bermanfaat unuk teman-teman Agustinnesia, tunggu artikel yang lain di Agustinnesia.com terimakasih.

Wa’alaikumu’salam – Teman teman Agustinnesia Hijab

 

Artikel Hijab & Kain Lainnya :

Artikel Kesehatan & Kecantikan Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *