6 Tips Memilih Jilbab untuk Wajah Bulat yang Wajib Dilakukan

Assalamu’alaikum – Teman teman Agustinnesia Hijab

Agustinnesia akan berbagi tips buat teman-teman yang memiliki wajah bulat namun tetap ingin tampil serasi dan pas dengan hijab yang kita sukai, yuk simak ulasan lengkapnya sampai akhir.

Para muslimah diwajibkan untuk menutup seluruh aurat sesuai dengan perintah berhijab dalam Alquran sehingga muslimah identik dengan jilbab untuk menutupi bagian kepala kecuali muka yang menjadi aurat perempuan. Para wanita selalu mengutamakan penampilan sehingga para muslimah yang berjilbab juga melakukan hal yang sama dengan cara memilih model kerudung instan sesuai bentuk wajah.

Satu hal utama yang harus selalu diperhatikan dalam memilih jilbab adalah bentuk wajah agar penampilan terlihat cantik dan menarik. Seperti yang kita ketahui, bentuk wajah terdiri dari beberapa jenis antara lain bulat atau bundar, segi empat/persegi, segitiga, dan oval. Artikel ini akan membahas tentang cara memilih hijab instan khusus untuk wajah bulat.

Apa saja yang memengaruhi keseluruhan tampilan wajah saat memakai jilbab? Jawabannya adalah tekstur bahan, desain, dan warna jilbab. Muslimah yang berwajah bulat tentu saja tidak ingin wajahnya terlihat semakin bulat dan tembam karena bisa membuatnya kurang percaya diri. Seiring dengan perkembangan fashion, pilihan jilbab juga semakin bervariasi dan kreatif. Model yang tersedia terdiri dari jilbab yang sederhana untuk rutinitas harian hingga mewah untuk dikenakan saat acara formal seperti tutorial hijab untuk ke pesta pernikahan atau tutorial hijab lebaran. Beberapa aspek wajah yang wajib dipahami sebelum membeli jilbab yang cocok adalah bentuk wajah, bentuk tubuh, dan warna kulit sehingga pemilihan jilbab akan lebih mudah seperti tutorial hijab pashmina.

1. Pilih Jenis Bahan yang Tepat

Pipi bulat yang terlihat tembam menggemaskan, tetapi cukup sulit dalam memilih jilbab agar tidak  terlihat gemuk. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih bahan jilbab yang tepat. Pemilik wajah bulat lebih cocok memakai pashmina chiffon daripada jenis lainnya. Bahan chiffon yang licin dan kaku akan membingkai wajah dan menyamarkan pipi yang tembam. Sebenarnya muslimah berwajah bulat boleh memilih jilbab bahan apapun asalkan bisa menyiasati dalam memakai atau kreasi hijab yang juga akan dibahas singkat dalam artikel ini. Hal yang dihindari adalah pemilihan jilbab khasmir yang akan memberikan ilusi wajah terlihat semakin bulat dan besar.

2. Pilih Dalaman yang Sesuai dengan Bentuk Wajah

Untuk menyamarkan bentuk wajah bulat tentu saja harus menggunakan dalaman sebelum memakai jilbab. Pilihlah dalaman jilbab yang berwarna netral seperti hitam untuk memberi kesan tipis atau tirus pada wajah. Modifikasi jilbab yang bisa dilakukan adalah kombinasi dua lapisan kain sebagai dalaman dan kerudung di luar dengan dua warna kontras sehingga bisa menyamarkan wajah yang tembam. Pilihlah dalaman berupa ciput penutup yang berlidah seperti topi agar keseluruhan rambut tertutup sehingga wajah tidak tampak semakin lebar. Selain itu, pilihlah model ciput yang berukuran pas dengan wajah.

Alternatifnya adalah pilih ciput Arab yang modelnya berbeda di depan dan belakang sehingga ciput ini bisa dipakai secara menyilang dan asimetris di bagian dahi. Pemilik wajah bulat harus menghindari ciput model ninja yang praktis dalam pemakaian karena biasanya sudah ada ritsleting di belakang sehingga nyaman saat dipakai. Si wajah bulat juga harus menghindari ciput dengan model longgar di leher dan penutup panjang hingga melebihi pundak karena wajah akan semakin bulat.

3. Pilih Bahan yang Tipis

Tips memilih ciput agar penampilan rapi dan cantik atau dalaman dan kerudung yang berbahan tipis atau ringan seperti katun, kaos, atau sutra agar mudah menyerap keringat dan nyaman saat dipakai. Hindari bahan spandex untuk ciput karena  wajah akan tampak lebar. Untuk ciput, pilihlah kain berukuran lebar sehingga mudah dibentuk sesuai keinginan.

Sedangkan untuk lapisan kedua atau kerudung di bagian luar justru harus pilih bahan kerudung yang bervolume agar mudah ditata dan tidak berantakan saat beraktivitas. Jika ingin menggunakan pashmina harus pilih bahan yang tipis juga agar tidak panas saat dipakai siang hari.

4. Kreasi Jilbab untuk Wajah Bulat

Jadikan tulang pipi sebagai patokan dengan mengatur kerudung hingga melewati tulang pipi agar wajah terlihat lebih lonjong. Hindari model jilbab yang melingkari bentuk kepala karena membuat wajah semakin bulat dan pipi tembam mencelat keluar. Hindari menjepit kerudung di bawah dagu karena bagi orang yang memiliki leher berlapis akan membuat fokus tertuju pada bagian leher. Pakailah peniti atau jarum pentul untuk mematok kerudung berada di ujung rahang. Lalu tambahkan kerudung di bagian luar untuk memanipulasi sehingga posisi jalinan dua ujung dan peniti tidak terlihat sesuai dengan tutorial hijab pashmina untuk wajah bulat.

5. Pilih Motif Jilbab Terbaru yang Cocok

Jika ingin memakai jilbab bermotif karena bosan dengan yang polos sebaiknya pilih motif yang simetris atau berpola besar, tetapi ada ruang kosong sehingga tidak terlalu ramai. Pola simetris bisa memberi kesan bayangan di leher dan kedua sisi wajah. Untuk pola besar bisa diatur sehingga posisi motif besar berada di belakang dan sisi yang polos diletakkan di atas kepala agar menutupi dahi.

6. Atur Posisi Jilbab

Aturlah posisi jilbab dengan memajukan kerudung di bagian pipi agar wajah tidak terlihat tembam sehingga sepertiga wajah tertutup kerudung. Lebar wajah juga bisa diminimalisasi sehingga pipi terkesan lebih tirus.

Itulah beberapa cara yang harus diperhatikan dan diterapkan untuk memilih jilbab bagi pemilik wajah bulat. Pemilihan jilbab yang tepat dan sesuai dengan bentuk wajah pada tutorial hijab modern akan membuat muslimah lebih percaya diri untuk bertemu dengan banyak orang dan melakukan berbagai aktivitas harian. Selamat mengambil hikmah wanita berhijab!

Nah itulah bebrapa tips buat teman-teman yang memilikiwajah bulat yang ingin tampil meawan dengan hijab tetapi tetep kece, semoga artikel diatas dapat memberikan manfaat dan menambah pengetahuan teman-teman Agustinnesia. Tunggu artikel menarik lainnya di Agustinnesia.com terimakasih.

Wa’alaikumusalam – Teman teman Agustinnesia Hijab

Artikel Hijab & Kain Lainnya :

Artkel Kesehatan & Kecantikan Lainnya :

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *