50 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Pada ulasan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat buah Naga, udah pada tahu belum manfaat yang terkandung dalam buah Naga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita teman-teman, mungkin kita sering mengkonsumsi buah Naga namun tidak begitu banyak yang mengetahui manfaat dan kandungan yang terkandung dalam buah Naga, nah kita akan berikan ulasannya dibawah ini yuk simak selengkapnya teman-teman:

Buah naga merah ataupun buah naga putih sama sama memberikan dampak yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin akan menambah kekebalan tubuh dan memberikan zat serta vitamin lain yang bermanfaat untuk tubuh kita.

Buah Naga – image from : hariangadis.com




Manfaat dan kandungan buah Naga memang sangat baik untuk berbgai macam hal dan pemenuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Ada sekitar 10 manfaat buah Naga ini yang akan kita ulas lebih detail manfaat buah Naga ini sangat banyak bila dikonsumsi secara rutin maka akan berdampak positif untuk tubuh kita. Sebelum membahas manfaat buah Naga, ada baiknya kita mengetahui kandungan gizi buah Naga, gizi yang terdapat pada buah Naga sangat luar biasa dan dapat memenuhi berbagai kebutuhan gizi dalam tubuh kita.

Setidaknya dalam 1 buah Naga terdapat lebih dari 20 gizi penting yang di butuhkan oleh Tubuh.

Gizi Jumlah / 100 Gram % AKG Harian Keterangan
Air 87 g NA Sangat Kaya akan air
Protein 1.1 g 2.1 %
Lemak 0.4 g Praktis tidak ada lemak
Karbohidrat 11.0 g 3.4 %
Serat 0.04 g 12 % Sumber Serat yang cukup Tinggi
Vitamin B1 )Thiamine) 0.04 g 2.7 %
Vitamin B2 (Riboflavin) 0.16 mg 2.9 %
Vitamin B3 (Niacin ) 0.16 mg 0.8 %
Vitamin C (Ascrobic) 20.5 mg 0.8 % Sangat Kaya Akan Air
Kalsium (Ca) 8.5 mg 0.9 % Mengandung 3x lebih banyak dari Wortel
Besi (fe ) 0.16 mg 0.8%

Manfaat buah Naga

  1. Buah Naga rendah kalori, sebanding dengan buah kiwi, mengandung sekitar 50 kalori per 100g. Meskipun demikian, buah Naga menyimpan banyak antioksidan, mineral, vitamin, dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan.
  2. Biji buah naga hitam yang renyah mengandung senyawa phytochemical antioksidan fitokimia. Phytoalmin berguna untuk memperbaiki nafsu makan sumber, bekerja sebagai pencahar, dan bagus untuk kesehatan kulit dan ramut.
  3. Buah ini merupakan sumber antioksidan vitamin C yang sangat baik; menyediakan sekitar 8-9 mg per 100g atau sekitar 12-15% dari DRI (asupan yang direkomendasikan setiap hari). Konumsi makanan kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan ketahanan untuk melawan agen infeksius dan menangkal radikal bebas berbahaya.
  4. Daging buah merah dari buah Naga mengandung vitamin A yang sangat sehat, dan karoten. Bersama; senyawa ini telah diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk pengelihatan. Vitamin-A juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mukosa dan kulit. Konsumsi buah secara langsung yang kaya akan karoten diketahui dapat melindungi tubuh dari kanker rongga mulut.
  5. Buah Naga Mengandung mineral dalam jumlah banyak seperti fosfor, mangan, besi dan magnesium. Mangan digunakan oleh tubuh manusia sebagai co-faktor kuat enzim, superoksida dismutase. Magnesium adalah mineral penguat tulang yang penting seperti kalsium.

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Manfaat buah Naga bagi kesehatan tubuh memang sangat beragam, mulai dari manfaat yang sederhana sampai dengan manfaat yang penting dan tidak kita ketahui secara lebih luas. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat buah Naga yang bagus untuk tubuh kita.

1. Menurunkan Berat Badan & Diet

Bagi Anda yang telah mencoba berbagai hal dalam menurunkan berat badan sebaiknya mulai mengkonsumsi buah Naga. Salah satu cara menurunkan berat badan adalah dengan mengisi perut dengan makanan kaya serat rendah kalori, sehingga tidak membuat perut melar. Salah satunya adalah dengan konsumsi buah Naga, buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi dan mengandung banyak air yang akan membuat pencernan menjadi lancar.

2. Sumber Besar Antioksidan & Bagus untuk Detoks

Manfaat antioksidan adalah mengurangi radikal bebas yang ada pada tubuh kita, dengan mengkonsumsi buah Naga setidaknya akan membantu proses detoksifikasi ( pengeluaran racun dari tubuh melalui hati). Lalu bagaimana mendapatkan sumber tersebut,mulailah mengkonsumsi buah Naga ini.

3. Mencegah Kanker

Buah Naga kaya akan antioksidan phytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsigenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya akan serat, kalsium, fosfor dan vitamin C dan serta B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa diantaranya dapat menyebabkan kanker.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah naga yang paling penting adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Kandungan antioksidan yang sangat besar dalam buah ini tentu akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Mencegah Diabetes

Buah Naga juga dipercaya dapat mencegah terjadinya diabetes. Buah ini dapat membunuh sel jahat yang dihasilkan oleh pola hidup yang tidak sehat. Selain itu kadar gula yang terkandung didalamnya juga sangat kecil sehingga sangat aman bagi penderita diabetes.

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Buah naga juga dapat meningkatkan nafsu makan karena dalam buah ini mengandung vitamin B2 dan B1 yang dipercaya dapat menambah nafsu makan terutama bagi anak-anak.

7. Mencegah Penuaan Dini

Jika anda sering menghirup udara yang terpopulasi maka anda berpotensi terkena penuaan dini yang sangat cepat dari biasanya. Antioksidan yang ada dibuah naga dapat untuk mencegah penuaan dini.

8. Batuk dan Asma

Gangguan pernafasan seperti asma dan batuk akibat flu mungkin dapat mempersulit dan sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. Meskipun buah ini bukan mengobati, namun ia dapat membantu meringankan batuk dan penyakit gangguan pernafasan.

9. Tekanan Darah Tinggi & Serangan Jantung

Ada dua faktor utama yang berhubungan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovasakular ( penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah ) :

  • Stress
  • Penyumbatan arteri




Maengingat bahwa buah naga pada dasarnya “membersihkan” bagian tubuh manusia maka ia juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan yang berhubungan dengan pembuluh darah lainnya.

10. Baik Untuk Tulang dan Darah

Dengan kandungan kalsium dan zat besi yang cukup tinggi, buah naga juga baik untuk tulang dan darah. FAO menganggap buah Naga adalah buah dengan nilai gizi tinggi karena kandungan kalsiumnya. Satu buah kecil memenuhi 1% dari nilai harian. Selain membantu kesehatan tulang, kalsium juga diperlukan untuk fungsi otot yang tepat dan transmisi syaraf. Zat besi diperlukan untuk membawa oksigen keseluruh tubuh. Buah naga ini sangat tinggi vitamin C nya yang sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak.

Manfaat Lain Buah Naga Bagi Kesehatan

11. Bermanfaat bagi ibu hamil

Manfaat buah naga bagi ibu hamil sangat besar. Hal ini karena buah naga memiliki kandungan seperti asam folat, karoten, beberapa vitamin, serat dan lain-lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses perkembangan janin anda. Selain harganya yang cukup terjangkau, khasiat buah naga ini sangat penting untuk kesehatan janin anda. Mengkonsumsi buah naga secara rutin merupakan langkah awal untuk pertumbuhan dan kesehatan janin anda. Cara mudah untuk mengkonsumsi buah naga adalah dengan membuat jus buah naga, karena jus buah naga akan mudah di cerna oleh tubuh.

12. Untuk Mendeteksi Kandungan Boraks dan Formalin

Beberapa kasus penggunaan boraks dan formalin pada makanan sempat membuat cemas masyarakat. Bahan yang cukup berbahaya ini dicampurkan untuk bahan pengawet agar penjual tidak rugi jika dagangannya tidak habis terjual. Jika anda ingin melakikan ujicoba mendeteksi formalin pada tahu misalnya,  anda dapat menggunakan ekstrak dari buah naga dan air untuk merendam tahu yang dicurigai mengandung formalin. Setelah anda mendiamkan setidaknya 15 menit anda bisa memasukkan kertas tissue pada rendaman tersebut, warna tissue akan menjadi merah pekat.

13. Menjaga Kesehatan Gigi

Bila anda memiliki masalah gigi, disarankan untuk mengkonsumsi buah naga. Cara termudah agar anda dapat mengkonsumsi buah naga adalah dengan membuat jus. Jus buah naga memiliki manfaat yang cukup besar karena kandungan kalsium dan fosfornya cukup tinggi.

14. Melancarkan pencernaan

Khasiat buah Naga yang paling dahsyat adalah membantu anda apabila sedang mengalami masalah pencernaan. Vitamin B1 dan serat larut pada buah naga sangat efektif untuk melancarkan pencernaan. Anda bisa membuat jus buah naga agar mudah dicerna dan membantu melarutkan penyumbatan diusus.

Baca Artikel Lainnya : 70 Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan dan Kecantikan

15. Menjaga Kesehatan Mata

Khasiat buah naga diperoleh dari kandungan betakaroten yang berfungsi untuk kesehatan mata. Anda bisa mengkonsumsinya dengan wortel jika anda mulai bosan denga menu yang itu-itu saja. Bila sebelumnya anda hanya mengkonsumsi jus wortel, sekarang anda bisa mencoba jus buah naga. Biasakan mengkonsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Manfaat Buah Naga Untuk Konsumsi Sehari-hari

Buah naga sangat bermanfaat jika dikonsumsi setiap hari, buah ini memiliki kandungan air dan vitamin serta serat yang sangat tinggi. Selain itu, manfaat buah naga lainnya secara tidak langsung yang penting adalah untuk menurunkan kadar kolestrol,memperkuat tulang dan gigi, merawat kesehatan mata dan merawat kesehatan jantung. Berikut adalah manfaat buah Naga untuk di konsumsi sehari-hari:

  • Memperkuat gigi
  • Menjaga ion tubuh
  • Meningkatkan stamina
  • Mencegah penyakit kram
  • Mencegah kelumpuhan otot
  • Menjaga kelembaban kulit
  • Baik untuk manula
  • Menjaag kesehatan syaraf
  • Untuk pewarna alami”warna merah”
  • Untuk membasmi jerawat
  • Mencegah kerapuhan tulang
  • Menjaga kelancaran sistem peredaran darah
  • Untuk mengobati panas dalam
  • Baik untuk mengobati sariawan
  • Sangat ampuh untuk mengatasi tenggorokan kering
  • Menjaga kulit wajah agar tetap kencang

Buah Naga juga memiliki khasiat dalam mencegah lebih dari 10 pernyakit seperti kanker dan penyakit mematikan lainnya. Satu-satunya efek samping dari mengkonsumsi buah naga, air seni dan fases akan berubah kemerah-merahan.

Sekarang udah pada tahu kan manfaat dari buah Naga, jika kalian ingin mendapatkan manfaat dari buah Naga yang baik untuk kesehatan tubuh kalian, Agustinnesia rekomendasikan untuk rutin mengkonsumsi setiap hari, kamu bisa membuat berbagai macam olahan dengan buah Naga seperti jus, Sup buah Naga, Salad buah Naga kan olahan lainnya. Kamu juga bisa membagikan ulasan manfaat buah Naga ke Keluarga atau teman terdekatmu, siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, terimakasih.

Wa’alaikumusalam – Terman teman Agustinnesia

 


Artikel Hijab & Kain Lainnya :

Artikel Kesehatan & Kecantikan Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *