5 Tips Istiqomah Berhijab yang Wajib Dicoba

Assalamu’alaikum – Teman teman Agustinnesia Hijab

Saat kita memutuskan untuk berhijab, maka tidak dapat dipungkiri akan muncul berbeagai tanggapan baik itu negatif maupun positif dari teman, rekan kerja, keluarga ataupun masyarakat tempat kita tinggal. Masukan dari mereka ada yang membuat kita bertahan dengan hijab kita, dan tidak sedikit pula saudari kita yang memutuskan untuk melepaskan hijab karena perkataan yang membuat hati kita sakit dam melupakan arti hijab sesungguhnya.

Barangkali, perkataan dari orang – orang yang mengenal kita itu mencoba untuk menghubungkan dengan masa lalu kita yang kelam dan kotor, sehingga timbul komentar negatif kepada kita yang berusaha untuk taat dengan berhijab.

Untuk itu istiqomah dalam berhijab sangat perlu untuk menjaga konsistensi kita. Bukankah berhijab juga bentuk dari ibadah? Kali ini Agustinnesia Hijab akan membagikan tips – tips bagi para muslimah agar istiqomah dalam berhijab :

1. Tinggal di Lingkungan Baik

Lingkungan adalah faktor yang berpengaruh dan juga dapat menentukan keistiqomahan kita dalam berhijab. Dengan tinggal di lingkungan yang jauh dari maksiat, maka penghalang atau godaan – godaan tersebut dapat dengan mudah kita lalui.

2. Bergabung dengan Organisasi Islam

Salah satu cara bertemu dengan orang – orang yang satu visi dan satu jalan dengan kita adalah mengikuti sebuah organisasi Islam.Di dalam organisasi tersebut ktia akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai lapisan dan kalangan, sehingga dapat membuka pandangan kita bagaimana saudari – saudari kita yang terlebih dahulu berhijrah dan hukum bagi yang tidak memakai hijab, apa saja tantangan yang dihadapi, sehingga menjadi suntikan semangat dan motivasi bagi kita, tips istiqomah berjilbab.

Selain mendapatkan dorongan baru untuk menjadi lebih baik lagi dengan bergabung organisasi islam, kita juga mendapat ilmu baru dan gagasan baru dari sudut pandang yang berbeda – beda pula, sehingga dapat memperluas cara berpikir kita jika terdapat perbedaan pendapat dari beberapa orang yang ingin menjatukan kita saat kita berusaha untuk berhijab.

Saat kita mengikuti organisasi islam tentu kita harus bijak juga karena setiap organisasi memiliki madzhab yang berbeda beda serta tafsir yang berbeda-beda, tentu kembalikan pada pedoman utama setiap muslim adalah Al-Qur’an dan Hadis’t.

3. Luruskan Niat Berhijab

Untuk yang satu ini, sudah tidak perlu diragukan lagi. Tanpa niat yang tulus dan ikhlas dalam berhijab, maka berhijab pun akan menjadi sia-sia. Tips istiqomah berhijab dengan niat yang lurus karena mengharap ridho dari Allah adalah yang terpenting dan wajib dilakukan pertama kali dalam berhijab agar kita dapat selalu konsisten.

Istiqomah atau konsisen adalah ibadah yang disukai Allah, perlahan namun rutin dan bukan sekali namun jarang dilakukan. Berhijab tentu harus dilakukan setiap saat ketika kita keluar rumah atau ada lelaki non mahram di rumah kita.

4. Mengingat Kematian

Sebaik – baiknya pengingat adalah dengan mengingat kematian. Jodoh, rezeki, hidup dan mati adalah mutlak rahasia Allah. Tidak ada yang tahu kapan jodoh kita kita datang, siapa jodoh kita dan dimana kita akan bertemu dengan jodoh kita. Begitu juga dengan kematian. Sungguh setiap dari kita akan menjemput ajalnya masing – masing.

 “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan” (QS. Al Ankabut : 57).

Begitu juga dengan tips istiqomah berhijab. Dengan mengingat kematian, maka kita akan berpikir seribu kali untuk tidak menjalankan perintah Allah kepada wanita muslimah untuk berhijab karena kita tahu kematian bisa datang kapans aja. Tentu kita tidak sama – sama tidak ingin jika waktu yang kita miliki selama di dunia tidak kita gunakan dengan baik.

Bagaimana tanggung jawab kita di akhirat kelak jika kita masih terlena dan tidak menjalankan perintah berhijab? Kita tidak pernah tahu kapan waktu terakhir kita di dunia dan di bagian bumi manakah kita akan meninggal, doa untuk tips istiqomah berhijab yang kita inginkan tentu khusnul khotimah.

5. Datang ke Acara Seminar atau Pameran Buku Agama

Dengan mengadiri acara pameran buku agama dengan menggunakan jilbab syari modis yang sesuai dengan wajah cantik kita, maka akan banyak ilmu yang kita dapatkan untuk menambah tips istiqomah berhijab dan menyadari kekurangan yang ada pada diri kita. Dari ilmu – ilmu baru yang ditulis oleh ustadz and ustadzah mengenai hukum memakai hijab syari, kita memiliki kesempatan untuk memperbaiki kekurangan yang ada pada diri kita dan semakin mantap untuk tips istiqomah berhijab.

Ilmu baru yang telah kita dapatkan dapat langsung kita terapkan di daladm kehidupan sehari – hari, dan jangan lupakan saudari -saudari kita. Rangkul dan ajak mereka untuk sama – sama berada dalam satu barisan untuk semakin cantik di luar dan juga di dalam. Dengan bertemu teman dan saudari baru yang satu visi dengan kita, selain bisa datang ke kajian bareng,

Demikian beberapa tips agar Teman teman Agustinnesia Hijab ingin istiqomah berhijab yang wajib  dicoba, semoga artikel singkat diatas dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan untuk teman-teman Agustinnesia Hijab, tunggu artikel menarik lainnya sister di Agustinnesia.com terimakasih banyak sudah menyimak.

Wa’alaikumusalam – Teman teman Agustinnesia Hijab

Artikel Hijab & Kain Lainnya :

Artikel Kesehatan & Kecantikan Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *