Manfaat Buah Aprikot untuk kesehatan dan kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Buah Aprikot, mungkin sebagian dari kita belum pernah mendengar atau melihat buah yang satu ini, memang buah aprikot jarang dijual di pasar tradisonal kamu dapat mencoba membeli di supermarket pada saat musim buah aprikot, buah aprikot memang tergolong buah yang langka tidak banyak orang yang membudidayakannya seperti halnya buah mangga atau buah rambutan, namun Anda harus mengetahui manfaat yang terkandung dalam buah aprikot ini siapa tahu di lain waktu menjumpai jangan lewatkan untuk mencoba dan jangan ragu mengkonsumsinya yuk simak ulasannya dibawah ini :

Buah yang sering di temui di daerah dingin seperti pegunungan merupakan buah yang di tanam di Indonesia untuk di ekspor ke luar negeri. Buah aprikot memiliki jenis yang hampir sama dengan buah persik, warnanya hampir sama dengan buah jeruk dan dagingnya berwarna kuning serta memiliki rasa yang manis.

Buah Aprikot – image from Hellosehat.com



Berikut kandungan nutrisi buah aprikot:

  • Vitamin A,C,E dan K
  • Protein
  • Fosfor
  • Niasin
  • Mangan
  • Magnesium
  • Kalium
  • Tembaga
  • Karbohidrat
  • Kalori
  • Serat
  • Gula
  • Kalsium
  • Kalium
  • Lemak

Di balik berbagai macam kandungan nutrisi buah aprikot memiliki manfaat yaitu:

1. Menyehatkan Mata

Mata merupakan angota tubuah yang sangat penting, karena fungsi nya untuk melihat. selain buah yang fenomenal yaitu wortel ternyata aprikot juga mampu menyehatkan mata. Karena aprikot juga mengandung vitamin A yang membantu menyehatkan mata.

2. Sebagai Antioksidan

Kandungan antioksidan sangat di butuhkan tubuh untuk terhindar dari berbagai macam penyakit, seperti penuaan dini akibat radikal bebas.

3. Mengatasi dehidrasi

Dehidrasi merupakan penyakit karena kekurangan cairan di dalam tubuh, karena aktifitas yang padat orang bisa kelelahan dan mengalami dehidrasi, salah satu cara mengatasinya dengan mengkonsumsi buah aprikot karena buah ini mengandung mineral yang cukup tinggi.

4. Memperlancar sembelit

Dengan adanya serat yang tinggi yang terkandung di dalam buah aprikot akan membantu melancarkan sembelit dan mengurangi resiko susah BAB yang membuat anda merasa tidak nyaman, sebab perut terasa penuh.

5. Menjaga kesehatan Tulang

Kandungan kalsium, zat besi, tembaga, mangan dan fosfor pada buah aprikot akan sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi Anda. Sehingga dapat mencegahmu dari osteoporosis.

6. Memperkuat Jantung

Serat sangat bermanfaat untuk mengurangi kolestrol jahat, sehingga dapat memperkuat jantung.

7. Meningkatkan produksi Darah

Jika kamu sedang mengalami anemia, maka buah aprikot ini wajib kamu coba sebagai alternatif. Karena aprikot mengandung zat besi yang dapat memicu tubuh untuk memproduksi sel darah.

8. Mengobati demam

Jika anda atau buah hati mengalami demam, segeralah konsumsi buah aprikot sebagai alternatif. Dengan cara membuat jus karena buah ini mengandugn mineral dan vitamin penting yang memiliki rasa menenangkan dan antiinflamasi untuk mengurangi rasa sakit serta peradangan karena demam.

9. Mempercantik Kulit

Kandungan vitamin A dan C pada aprikot berguna untuk memperlambat proses penuaan dan mempercantik kulit.

10. Menurunkan berat badan

Bagi kamu yang sedang proses diet, yuk diet sehat dengan mengkonsumsi buah aprikot, karena setiap 100 gram aprikot mengandung 45 kalori dan serat. Hal ini akan membuat mu merasa kenyang lebih lama dan nantinya berguna dalam proses penurunan berat badan.

11. Mencegah Iritasi Kulit

Kulit bisa saja mengalami iritasi, baik karena radiasi matahari atau kecelakaan yang membuat kulit terluka. Jika hal ini terjadi Anda dapat menggunakan minyak biji buah aprikot. Caranya cukup di oleskan pada kulit yang terluka, karena minyak biji aprikot mengandung asam lenoleat dan asam oleat yang berfungsi sebagai anti radang.

12. Meningkatkan Elastisitas pada kulit

Caranya cukup dengan menjadikan buah maupun minyak bijinya sebagai masker. buah aprikot akan merevitalisasi kulit dan kandungan vitamin C nya akan merangsang pembentukan sel baru. Dengan demikian kulit akan tetap terjaga elastisitasnya dan terhindar dari penuaan dini.

13. Menyehatkan Rambut

mengkonsumsi buah aprikot secara teratur akan membantu menutrisi rambut dan kulit kepala sehingga rambut terhindar dari kerusakan. Selain itu minyak apriot yang di oleskan kerambut akan membuat rambut lebih berkilau. Minyak aprikot juga bisa dicampurkan dengan conditioner dan di gunakan setelah keramas.

Sekarang udah pada tahu kan manfaat dari buah aprikot yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, agar kamu mendapatkan manfaat dari buah aprikot ada baiknya dikonsumsi secara rutin setiap hari, semoga ulasan manfaat buah aprikot ini dapat menambah wawasan teman-teman, kamu juga bisa membagikan ulasan ini ke keluarga atau teman dekatmu siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, nantikan artikel bermanfaat berikutnya di Agustinnesia.com terimakasih.

Waalaikumsalam – Teman teman

Artikel buah lainnya :

Artikel kain lainnya : 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *