22 Manfaat Sukun Untuk Kesehatan Tubuh dan Kecantikan Kulit

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Kamu pernah makan kripik sukun? Atau olahan sukun lainnya? Sebagian dari kita tentu sudah tidak asing dengan buah yang satu ini, mungkin buah sukun jarang menjadi menu harian seperti nasi dan makanan karbohidrat lainnya, namun taukah kamu jika buah sukun dapat dijadikan sebagai menu sehat yang memiliki karbohidrat setara dengan nasi loooo… penasaran… Agustinnesia akan memberikan ulasannya jadi simak sampai akhir yaaa…

Buah Sukun – image from : bukalapak

Sukun (Artocarpus communis) adalah tanaman berbuah banyak yang ditermukan di daerah tropis seperti di Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filipina. Orang Eropa menyebut sukun sebagai Breadfruit. Hal ini dikarenakan buah sukun tidak berbiji serta memiliki bagian empuk yang mirip seperti roti. Buah sukun banyak diolah dan dimanfaatkan sebagai sumber pangan. Sukun digunakan sebagai sumber karbohidrat penting di daerah Pasifik dan bisa dikenal sebagai kuru, ulu, atau uru.

Menurut laporan, karbohidrat yang terkandung dalam buah sukun setara dengan karbohidrat beras. Daun sukun sendiri banyak dimanfaatkan dalam pembuatan obat tradisonal. Buah sukun diketahui memiliki berbagai jenis kandungan seperti vitamin C, riboflavin, karbohidrat, kalium, thiamin, natrium, kalsium dan besi. Pada kulit kayunya diketahui mengandung senyawa turunan flavonoid terprenilasi yaitu artonol B sikloartobilosaton.




Manfaat Buah Sukun Untuk Kesehatan

Berbagai kandungan senyawa yang terdapat pada sukun tersebut terbukti dapat memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Apa saja manfaatnya berikut ulasan mengenai manfaat sukun :

1. Kaya Kandungan Serat

Sukun mengandung serat yang tinggi. Berbagai penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi buah sukun secara rutin dapat mengurangi diabetes. Selain itu mengkonsumsi sukun dapat digunakan sebagai kontrol terhadap gula darah. Kandungan serat pada sukun dapat membantu mengurangi penyerapan gula oleh tubuh.

2. Sukun Sebagai Sumber Energi

Buah sukun yang banyak mengandung karbohidrat merupakan sumber energi dalam tubuh. Hal ini menyebabkan sukun dapat digunakan sebagai sumber energi.

3. Solusi Untuk Diet Sehat dan Alami

Buah sukun mengandung serat dan karbohidrat yang tinggi. Sukun sangat tepat dan cocok digunakan sebagai pengganti nasi. Bagi Anda yang ingin menjalani diet sehat, sukun dapat dijadikan sebagai pilihan tepat. Konsumsi buah sukun dapat meningkatkan asupan kalori serta kenyang lebih lama. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi buah sukun Anda akan lebih aktif dan energik sepanjang hari. Dan terkontrol pola makan karena buah sukun akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Mencegah Diabetes

Buah sukun mengandung serat yang tinggi. Bagi penderita diabetes, buah sukun dapat dijadikan sebagai pilihan bagi Anda yang ingin mengontrol diabetes atau gula darah Anda, hal ini disebabkan karena serat dan kandungan gula alami (glukosa) dalam buah sukun mengandung kalori yang ideal sehingga bisa Anda jadikan sebagai menu makanan sehat mengurangi Diabetes.

5. Mengurangi Susah Buang Air Besar

Kandungan serat yang tinggi pada buah sukun dapat melancarkan buang air besar apabila dikonsumsi secara rutin. Kandungan flavonoid pada buah sukun juga dapat membantu mengeluarkan racun dari usus.

6. Sumber Omega 6 dan Omega 3

Dalam berbagai studi menyebutkan bahwa mengkonsumsi buah sukun dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak. Kandungan dalam buah sukun dapat menjadi stimulus otak besar. Hal ini dikarenakan buah sukun mengandung asam lemak omega 3 dan 5 di dalam buah sukun.

7. Sukun Bermanfaat Untuk Kesehatan Jantung, Kolesterol dan Kardiovaskular

Buah sukun merupakan sumber kalium. Nutrien yang terkandung dalam buah sukun ini bagus bagi kesehatan jantung karena dapat menurunkan tekanan darah di dalam tubuh. Selain itu kandungan nutrien dapat membantu mengatur denyut jantung dengan meminimalkan efek natrium. Kandungan serat dalam buah sukun juga dapat membantu mengurangi kolesterol. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi pada sukun dapat mencegah penyerapan di usus. Kadar kolesterol jahat (LDL) akan menurun sementara kolesterol baik (HDL) akan naik. Akibatnya jumlah trigliserita yang menjadi salah satu pemicu serangan jantung akan menurun.

8. Anti Oksidan

Buah sukun mengandung vitamin C yang dapat dijadikan sebagai penangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Antioksidan juga erat kaitanya dengan penuaan dini. Konsumsi buah sukun yang kaya akan vitamin C juga dapat membantu Anda tampak lebih awet muda.

9. Anti Kanker

Vitamin C pada buah sukun dapat berfungsi sebagai antioksidan karena dapat membuat Anda terhindar dari resiko kanker. Hal ini dapat menjadi perlindungan bagi sel tubuh Anda. Rusaknya sel-sel dalam tubuh dapat menjadi pemicu awal munculnya penyakit kanker.

10. Sumber Vitamin dan Mineral Untuk Rambut




Buah Sukun mengandung asam lemak omega 6 yang baik untuk kesehatan folikel rambut sehingga rambut menjadi lebih sehat, tidak mudah rontok, mencegah kebotakan, dan menguatkan akar rambut. Mengkonsumsi buah sukun juga mampu mencegah ketombe yang sering muncul pada rambut.

11. Menjaga Kecantikan Kulit

Kandungan Omega 3 dan 6 pada buah sukun sangat baik bagi kecantikan kulit. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C pada sukun dapat menjadi nutrien untuk kesehatan kulit.

12. Meningkatkan imun Tubuh

Manfaat sukun dapat dijadikan makanan untuk meningkatkan imun tubuh. Imun tubuh yang kuat dan terjaga dapat membuat Anda terjaga dari penyakit.

13. Mencegah Diare

Vitamin yang tinggi pada buah sukun dapat mencegah Anda dari penyakit diare. Vitamind an mineral akan mampu mengusir bakteri yang dapat menjadi pemicu diare. Oleh karena itu, gejala diare dapat diminimalisir.

14. Meningkatkan Produksi Kolagen

Kandungan Vitamin C pada buah sukun yang cukup tinggi dapat membantu produksi kolagen. Konsumsi jus buah sukun juga akan membuat kulit Anda akan terjaga tetap kencang dan awet muda.

15. Mencegah Radang Kulit Berlebihan

Ekstrak buah sukun segar dapat membantu mengurangi terjadinya peradangan kulit. Ekstrak sukun dapat digunakan untuk mencegah produksi oksida nitrat berlebihan. Selain itu ekstrak buah sukun juga dapat berfungsi dalam menghambat aktivitas enzim proinflamasi sehingga terjadinya peradangan pada kulit Anda dapat diminimalisir.

16. Meningkatkan Pertumbuhan Sel Baru

Kandungan antioksidan pada buah sukun sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan sel-sel baru. Bagi Anda yang sering terkena paparan sinar matahari, zat antioksidan ini dapat memberikan perlindungan untuk mencegah kerusakan kulit akibat sinar matahari. Kulit Anda akan tampak halus, cerah dan tetap awet muda.

17. Membantu Pertumbuhan Rambut

Buah sukun mengandung zat besi dalam jumlah moderat. Kadungan ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala sehingga dapat merangsang folikel-folikel rambut. Akibatnya, pertumbuhan rambut dapat meningkat.

18. Mencegah Kerusakan Rambut, Gatal-Gatal, dan Mengurangi Penyebab Ketombe

Kandungan Omega 3 dan Omega 6 pada buah sukun dapat dijadikan sebagai sumber lemak. Kandungan ini dapat dimanfaatkan untuk mengurangi rambut patah dan menjaga kondisi rambut secara alami. Asam lemak berperan untuk mengontrol produksi sebum pada kulit kepala sehingga masalah-masalah rambut seperti ketombe dan gatal-gatal dapat berkurang. Asam lemak juga berperan dalam menghambat kematian sel dan terjadinya peradangan pada kulit kepala. Akibatnya kerontokan rambut yang sering terjadi dapat dicegah.

19. Buah Sukun Mampu Menurunkan Kandungan Gula Darah

Hasil penelitian Pusat Penelitian Kimia LIPI menyebutkan bahwa sukun mengandung senyawa flavonoid berupa 8 geranyl 4,5,7 – trihydroxyflavond yang dapat digunakan sebagai anti diabetes yang kuat. Senyawa flavonoid tersebut berhasil diisolasi oleh Puspa DN Lotulang, Andini Sundowo, Sofa Fajriah, Euis Filaila. Penelitian lainya dari UGM menunjukan bahwa ekstrak daun sukund dapat membuat tikus jantan galur waster yang sebelumnya diberi glukosa mengalami hiperglikemia. Dosis glukosa monohidrat sebesar 1,35 g per 200 g bobot tubuh dapat menyebabkan kandungan gula darah pada tikus meningkat dari 88,96 mg/dl menjadi 173,95 mg/dl.

20. Mengobati Asam Urat

Buah suku diketahui dapat mengobati asam urat. Segengam daun sukun kering yang diseduh memiliki khasiat menyembuhkan asam urat. Kecenderungan rasa pahit pada daun sukun dapat dikurangi dengan menambahkan gula batu atau madu. Daun sukun memiliki getah yang dapat menimbulkan rasa pahit apabila dikonsumsi.

21. Mengobati Penyakit Ginjal

Daun pohon sukun mengandung saponin, polifenol, asetilkolin, tannin, asam hidrosinat, kalium, riboflavin, dan phenl yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ginjal. Kandungan kalium yang terdapat pada ginjal akan membantu penghancuran Co-oksalat sebagai penyebab utama batu ginjal. Ca-oksalat yang hancur kemudian akan larut dan bersama-sama diekskresikan melalui urin. Meski belum mampu dibuktikan secara ilmiah, tetapi penggunaan daun sukun pada pasien ginjal menunjukan tanda-tanda perbaikan seperti berkurangnya kandungan protein dalam urin dan hilangnya pembengkakan.

22. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengkonsumsi dauh sukun dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Caranya adalah dengan membuat seduhan air panas dengan segengam daun sukun yang dikeringkan. Langkah ini mirip seperti cara membuat teh pada umumnya. Ramuan tersebut bisa diminum setiap hari.

Nah demikian ulasan singkat mengendai manfaat sukun. Buah sukun yang dipandang sebagian orang biasa saja ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh serta baik untuk kesehatan kulit yang dapat menjadikan kulit lebih indah & cantik. Selain buahnya daun pohon sukun ternyata juga memiliki banyak manfaat dan khasiat yang berguna untuk kesehatan tubuh kita, semoga artikel ini dapat memberikan wawasan bagi Anda teman-teman Agustinnesia. Jangan lupa dan jangan ragu untuk memulai mengkonsumsi buah sukun!. Saat ini sukun sudah banyak dijadikan berbagai macam olahan. Anda juga bisa membuat berbagai macam olahan dari buah sukun selain dikukus, digoreng juga dapat dijadikan sebagai camilan.

Kamu juga bisa membagikan ulasan artikel ini ke keluarga atau teman dekatmu siapa tahu bisa bermanfaat juga untuk orang lain disekitarmu, tunggi artikel bafmanaat berikutnya di Agustinnesia.com terimakasih teman-teman Agustinnesia.

Waalaikumsalam – Teman teman Agustinnesia




Artikel buah lainnya :

Artikel kain lainnya : 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *