Manfaat Buah Mentimun Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh, Kecantikan Kulit & Menghilangkan Jerawat

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Kita mungkin sudah tidak asing dengan buah yang satu ini, karena buah mentimun sangat mudah kita dapatkan dibagai pusat perbelanjaan di pasar dan disupermarket, selain menjadi buah lalapan mentimun juga sering digunakan oleh sebagian kaum wanita untuk mengatasi jerawat dan masalah kulit lainnya, namun taukah teman-teman jika buah mentimun memiliki banyak kandungan nutrisi yang cukup baik untuk kesehatan tubuh kita, udah pada tahu belum? Biar enggak penasaran yuk simak ulasan lengkapnya….

Buah Timun – image from : wolipop

Mentimun memiliki nama latin Cucumis sativus L. Menurut sejarah tanaman mentimun berasal dari Benua Asia. Mentimun biasanya di hidangkan sebagai lalapan, acar dan sayuran. Timun banyak di temukan di area perbelanjaan, seperti pasar dan supermarket. Tapi apakah mentimun tersebut subah pasti kualitas terbaik, disini saya akan memberikan sedikit tips untuk memilih mentimun.




Tips memilih timun yang baik

  • Pilihlah mentimun dengan warna hijau terang, mantimun yang berwarna sedikit gelap rasanya masih sedikit manis, selama kulitnya belum kusam.
  • Pastikan tekstur mentimun padat. Tekan mentimun, jika keras maka bisa dipastikan bahwa timun anda renyah.
  • Pastikan bentuk mentimun proposional.

Nutrisi yang terkandung di dalam buah mentimun yang perlu Anda ketahui. Mentimun mengandung 0.65% protein, 0.1% lemak, karbohidrat sebanyak 2.2%, kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C. Biji mentimun sendiri mengandung racun alkoloid jenis hipoxanti yang berfungsi untuk mengobati anak-anak yang menderita cacingan. Dibalik kandungan nutrisi mentimun kita juga perlu tau apa saja manfaat mentimun bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Mentimun Bagi Tubuh Manusia

1. Mengatasi Bengkak di Sekitar Mata

Mentimun sering di jadikan masker untuk wajah juga masker untuk mata. Caranya cukup mudah, irilah mentimun dan teruklah di kedua mata lakukan sambil berbaring selama kurang lebih 15 menit.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ada dua faktor ketika kita merasa lapar. Faktor utama asupan makanan yang kurang, dan faktor kedua Anda kekurangan cairan. Cobalah minum air mentimun jika Anda merasa lebih kenyang sesungguhnya anda hanya merasa haus. Timun juga mempunyai kadar kalori yang sang sangat rendah.

Cara membuat air mentimun: cucilah mentimun dengan bersih dan siapkan air dalam botol, potong mentimun dengan tipis agar nutrisinya lebih cepat terserap oleh air. Rendam dalam air dan biarkan semalam di dalam kulkas, air mentimun siap di hidangkan.

3. Merawat Kulit

Timun sangat baik menjaga kesehatan kulit dari luar maupu dari dalam, timun akan membuat kulit anda lebih cerah dan kenyal. Kandungan b5 dalam mentimun juga ampuh untuk mengobati jerawat.

4. Baik Untuk Ibu Hamil

Kandungan vitamin C, B1, B2, B3, zat besi, seng dan asam folat dalam mentimun dapt membantu perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Selain itu, kandungan kolagen yang ada pada mentimun juga akan membantu mengurangi seluit pada perut sebagai salah satu dampak dari kehamilan.

5. Membantu Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Dengan mengkonsumsi mentimun dapat memicu produksi air seni. Hal itu disebabkan mentimun memiliki sifat diuretik. Dengan begitu bakteri , racun-racundan zat hasil metabolosme akan dikeluarkan dari tubuh melalui urine. Dengan begitu tubuh akan menjadi lebih segar karena bersih dari berbagai zat berbahaya dan racun.

6. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Mentimun memiliki kemanpuan melindungi tubuh dari kanker. Dengan mengkonsumsi mentimun salah satu penelitian mengungkapkan bahwa kandungan mentimun yang mampu menghambat pertumbuhan kanker prostat adalah flavonoid fisetin.

7. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Mentimun mengandung kalium yang dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah karena kalium dapat mengatur jumlah garam pada ginjal. Tingginya kadar sodium membuat kadar air didalam tubuh tidak seimbang yang memicu tekanan darah. Untuk menetralkan nya tubuh membutuhkan kalium yang cukup.

8. Mencegah Sembelit

Mentimun mengandung banyak air dan kulit mentimun mengandung serat yang tidak larut. Dengan begitu mengkonsumsi mentimundapat membantu makanan dicerna lebih cepat yang pada akhirnya membantu mencegah terjadinya sembelit.

9. Melindungi tulang

Dengan kandungan vitamin K pada mentimun dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Karena dengan asupan vitamin K yang kurang dapat dikaitkan dengan resiko patah tulang yang tinggi. Vitamin K juga untuk penyerapan kalsium di tulang.

10. Mencegah Dehidrasi

Jika bosan dengan air putih saja anda bisa membuat air mentimun. Mentimun mengandung 95.2 % air, yang berarti bahwa 5 ons porsi mengandung 4.8 ons atau 150 ml air itu artinya sudah sekitar 26% asupan harian anda terpenuhi oleh mentimun.

12. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan dini bisa disebabkan melalui polusi, asap rokok dan sinar matahari pada siang hari. Timun mengandung antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel kulit akibat radikal bebas. Selain itu kandungan beta-karoten, vitamin C dan berbagai mineral seperti mangan sangat baik untuk mencegah penuaan dini.

Selain memiliki banyak manfaat yang terkandung di dalam buah mentimun, mentimun juga memiliki efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan.

Berikut ulasan efek samping mengkonsumsi secara berlebih buah mentimun.

13. Dapat menyebabkan keracunan

Apabila timun terasa pahit itu artinya mentimun mengandung racun cucurbitacins dan triterpenoid tetracyclic. Banyak peneliti yang telah membuktikan bahwa mengkonsumsi mentimun yang memiliki rasa terlalu pahit dalam jumlah yang banyak dapat mengancam nyawa.

14. Dapat memicu sesak nafas

Bagi yang memiliki riwayat sinusitis atau penyakit pernafasan kronis, dianjurkan tidak mengkonsumsi mentimun.

Nah itulah manfaat dari buah mentimun yang tidak boleh kita anggap sepele, untuk mendapatkan manfaat dari kandungan nutrisi buah mentimun Anda cukup mengkonsumsinya secara rutin, jangan ragu untuk mengkonsumsi buah yang satu ini, tidak akan berefek buruk untuk kesehatan kamu kok, jadi tenang saja!.

Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan teman-teman Agustinnesia. Kamu juga bisa membagikan ulasan ini ke keluarga atau teman dekatmu siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, tunggu artikel bermanfaatnya dari Agustinnesia, terimakasih teman-teman Agustinnesia.

Waalaikumsalam – Teman teman Agustinnesia




Artikel buah lainnya :

Artikel kain lainnya :




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *