21 Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Buah yang satu ini mungkin sudah sering kita makan jika saat musimnya buah kelengkeng sangat mudah kita temukan dipasar buah atau supermarket, tidak jarang jika kita melewati sebuah rumah yang memiliki halaman dan tanaman pasti tidak jarang kita temukan tanaman kelengkeng, pohon kelengkeng ini memang menjadi salah satu tanaman favorit bagi orang Indonesia, karena pohonnya mudah hidup di iklim tropis, tanaman buah kelengkeng juga memiliki banyak varitas hal ini yang menjadi salah satu yang disukai orang Indonesia untuk menanamnya.

Teman-teman pernah makan buah kelengkeng? Pasti sebagian dari teman-teman menyukai buah kelengkeng ini karena manis dan daging buahnya yang cukup lezat, namun taukan kamu jika buah kelengkeng juga banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh kita? Penasaran yuk simak ulasannya dibawah ini :

Buah Kelengkeng Sudah Matang / Masak – image from : Hello Sehat

Buah kelengkeng banyak di jadikan toping pada kue dan menjadi salah satu campuran buah untuk membuat salat, ada juga yang mengemasnya dalam bentuk kalengan. Buah kelengkeng merupakan tanaman asli dari Asia Tenggara. Rasa daging buah kelengkeng sangat manis dan segar serta memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh, maka tidak heran jika banyak yang menyukai buah kelengkeng.

Berikut kandungan nutrisi  daging buah kelengkeng per 1 buah (3g):

Kalori 1.8 (7.5 kj)

  • Karbohidrat 1.6 (6.7 kj)
  • Protein 0.1 (0.4 kj)

NOTE : KJ (kilo joules)

Protein

  • Lisin 1.4 mg
  • Metionin 0.4 mg
  • Threonine 1.0 mg
  • Leusin 1.6 mg
  • Isoleusin 0.8 mg
  • Serine 1.4 mg
  • Proline 1.3 mg
  • Asam glutamate 6.3 mg
  • Glycine 1.3 mg
  • Asam aspartate 3.8 mg
  • Alanine 4.7 mg
  • Histidin 0.4 mg
  • Arginine 1.1 mg
  • Tirosin 0.7 mg
  • Valin 1.7 mg
  • Fenilalanin 0.9 ,g

Vitamin

  • Vitamin C 2.5 mg (4%)

Karbohidrat

  • Karbihidrat 0.5 g (0%)

Mineral

  • Magnesium 0.3 mg (0%)
  • Fosfor 0.6 mg (0%)
  • Kalium 8.0 mg (0%)

Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Kesehatan

Tanaman Buah Kelengkeng – image from : pixabay.com

  1. Meningkatkan vitamin C

Kekurangan  asupan vitamin C, kemungkinan akan mudah terkena tekanan darah tinggi, pernyakit jantung di generasi makula yang terkait usia. Kelengkeng mentah merupakan sumber vitamin C yang sangat baik, yakni sekitar 84 miligram dari 3.5 ons daging buah kelengkeng. Jumlah ini memasok 93% dari asupan harian yang di rekomendasikan vitamin C pada pria yaitu 90 miligram dan lebih dari 100% dari kebutuhan 75 miligram sehari wanita.

  1. Memperkuat tulang

Satu porsi 3.5-ons kelengkeng kering memiliki 807 mikrogram mineral, hampir 90% dari RDA. Sebuah studi yang di terbitkan pada tahun 2013 dalam “Maturitas” melaporkan bahwa wanita menopause yang memiliki mineral lebih rendah seperti tembaga secara signifikan lebih mungkin untuk terserang osteoporosisdengan bertambahnya usia. Orang dewasa di anjurkan mengkonsumsi sekitar 900 mikrogram tembaga setiap hari dan 3.5 ons pasokan kelengkeng segar menyediakan 19% dari rekomendasi ini.

  1. Mencukupi kebutuhan zat besi

Para vegetarian cenderung mengalami kekurangan zat besi di bandingkan mereka yang makan daging. Hal tersebut di karenakan zat besi yang disediakan oleh makanan nabati tidak di serap dengan mudah seperti zat besi  dari produk hewani. Wanita hamil, atlet dan gadis-gadis remaja mungkin memerlukan lebih banyak zat besi. Kelengkeng kering dapat membantu menigkatkan asupan zat besi. Setiap 3.5 ons kelengkeng mengandung sekitar 5 miligram, atau sekitar 62% dari kebutuhan harian zat besi.

  1. Mencegah gangguan pada mata

Pria memerlukan 1.3 miligram vitamin ribofkavin.  Sementara wanita harus memiliki 1.1 miligaram. Menurut “Archives of Ophthalmology” penelitian yang di terbitkan pada tahun2005, tidak mengkonsumsi riboflafin dapat meningkatkan resiko gangguan mata, khususnya katarak. Klengkeng mentah mengandung 0.14 miligram riboflavin disetiap 3.5 ons, tapi kelengkeng kering memiliki 0.5 miligram per porsi. Makan 3.5 ons kelengkeng kering memasok 38% dari kebutuhan riboflavin harian untuk pria dan 45% kebutuhan para wanita.

  1. Menyehatkan fungsi otak

Institute of Medicinemenetapkan bahwa dalam 100 gram klengkeng memasok 169 mikrogram tembaga, atau 19% dari rekomendari asupan harian. Tembaga diperlukan untuk menghasilkan norepinefrin, yaitu suatu bahan kimia yang digunakan sel-sel otak untuk berkomunikasi. Tembaga juga membantu menjaga selubung yang mengelilingi saraf dan untuk fungsi saraf yang efisien, hal ini memungkinkan otak untuk metabolisme molekul komunikasi otak lainnya, termasuk dopamine.

  1. Metabolisme yang sehat

Buah kelengkeng mengandung niacin dan tiamin. Oleh karna buah kelengkeng dapat mendukung merabolisme.

  1. Mencegah kerusakan jaringan

Radikal bebas akan menumpuk dalam sistem dan merugikan jaringan, sehingga meningkatkan resiko arthritis dan kangker. Mengkonsumsi buah kelengkeng dapat melindungi jaringan dari kerusakan karena kandungan vitamin C nya.  Vitamin C memiliki anti oksidan yang kuat dan ini berarti bahwa daging buah kelengkeng dapat mencegah radikal bebas dari oksidasi membran sel, lipid dan DNA.

  1. Anti depresan alami

Klengkeng memberikan efek relaksasi pada saraf dan terbukti meningkatkan fungsi saraf, rasa marah yang lebih rendah dan mengurangi kelelahan. Kelengkeng melakukan keajaiban untuk masalah saraf. Klengkeng mengobati neurosis neurasthenic dan insomnia juga mampu untuk menangani neurasthenia dan gangguan tidur.

  1. Menjaga kulit agar tetap sehat

Buah ini sangat bermanfaat bagi  kulityang berada di sekitar mata. Meminimalkan retak kulit dan meningkatkan warna kulit, kelengkeng mengandung sifat penuaan dinidan terbukti dapat meningkatkan kesehatan kulit. Kelengkeng juga dapat menjaga kesehatan gigi dan gusi, agar dalam kondisi baik.

sumber referensi : manfaat.co.id

Nah itulah kandungan yang terdapat dalam buah kelengkeng yang bermanfaat untuk tubuh kita teman-teman, beruntung jika kamu menyukai buah kelengkeng ini, nutrisi yang terkandung dalam buah klengkeng memiliki banyak manfaat yang sudah agustinnesia ulas diatas.

 

“ Jika kamu suka menulis ingin dipublikasikan di agustinnesia.com, hubungi saja cs kami sista, akan kami publikasikan diagustinnesia.com. Dan dapatkan merchandise cantik dari agustinnesia”

Salam Co-Writer and CS Support Agustinnesia.com

Waalaikumsalam teman-teman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *