20 Manfaat Terong Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ulas Tuntas Kandungan Nutrisi Manfaat dan Efek Samping Terong Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Teman teman sering makan sayur terong? pasti hampir semua masyarakat Indonesia tentu sering mengkonsumsi masakan berbahan terong, namun taukah kamu jika terong memiliki banyak sekali manfaat loo yang baik untuk kesehatan dan kecantikan, mengapa bisa? Biar enggak penasaran yuk simak ulasan selengkapnya…

Terung mempunyai nama ilmiah [solanum melongena] di pulau jawa lebih dikenal dengan sebutan terong adalah tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Asal nya dari Negara India dan Sri Lanka. Terong merupakan kerabat dekat dengan kentang dan leunca.




Terong – image from : tokopedia

Terong sering ditanam secara tahunan. Tanaman ini tumbuh hingga 40-150 cm tingginya, daunnya besar dengan lobus yang kasar, panjangnya10-20 cm dan lebar daunnya 5-10 cm.

Cara menanam terong adalah disemai, setelah tumbuh 4 daun sejati kemudian ditanam pada lahan. Dapat di panen setelah 70-80 hari setelah semai selanjutnya setiap 5 hari. Dari segi botani buah yang memiliki banyak biji kecil dan lembut, jika biji itu dimakan akan terasa pahit, Karena mengandung nikotin, sejenis alkaloid yang banyak di kandung tembakau. Buah terong mempunyai berbagai macam warna, terutama ungu, hijau dan putih.

Beberapa jenis terong yang sering dikonsumsi yaitu, terong ungu, terong bulat, terong hijau, terong putih, terong telunjuk. Dan terong Belanda.

1. Kandungan Nutrisi Pada Buah Terong

Terong memiliki kandungan kalori dan glikemik indeks rendah. Kandungan lemak dalam terong juga sangat rendah, sebaliknya kandungan air dan serat dalam terong justru tinggi. Terong juga kaya antioksidan dan memiliki berbagai macam kandungan vitamin dan meneral.

Kandungan vitamin dan meneral yang terkandung dalam terong meliputi vitamin A, vitamin E, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin B12, vitamin B9 atau folat, vitamin K, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, sodium, mangan dan zinc. Kulit terong juga memiliki kandungan pigmen yaitu nasunin yang merupakan antioksidan.

Dibalik nutrisinya yang banyak tentu terong dapat bermanfaat bagi tubuh manusia, beberapa manfaat terong bagi tubuh manusia yaitu:

2. Mencerahkan Kulit

Terong mengandung kadar air dalam jumlah yang tingggi. Hal ini bermanfaat untuk menjaga tubuh dan kulit terhidrasi dengan baik. Mineral dan vitamin juga membantu memberikan kulit yang baik.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Nasunin yaitu zat antioksidan yang ditemukan didalam kulit terong dapat melindungi lipid pada sel-sel otak dari serangan radikal bebas serta melancarkan proses distribusi gizi didalam sel-sel tubuh. Itulah mengapa mengkonsumsi terong dapat menurunkan resiko penyakit yang berhubungan dengan menurunnya fungsi mental karena usia tua.

Menurut sebuah penelitian dalam The British Journal of Nutrition pada 2010, zat pigmen tersebut bertanggung jawab untuk memicu peredaran darah menuju otak serta mencegah peradangan saraf otak.

4. Mengendalikan Kadar Kolestrol

Sebuah studi yang dilakukan oleh para ahli di Brazil menunjukkan bahwa rutin mengkonsumsi terong dapat membantu mengendalikan kadar kolestrol.  Tim peneliti di Departemen Pertanian Amerika Serikat menemukan bahwa terong kaya akan senyawa asam klorogenat. Senyawa yang terbukti mampu menurunkan berat badan dan kolestrol jahat dalam tubuh. Selain menurunkan kolestrol jahat, asam klorogenat juga berfungsi sebagai anti virus, anti mikroba dan anti karsigonen.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut sebuah penelitian yang di terbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrion pada tahun 2012, bahwa salah satu jenis flavonoid yang ampuh untuk melindungi jantung adalah nasunin. nasunin merupakan pigmen pada kulit terong yang bisa menurunkan tekanan darah.

6. Mencegah Kanker

Terong mengandung polifenol, nasunin dan asam klorogenat. Zat tersebut baik untuk mencegah pertumbuhan tumor serta menghentikan penyebaran sel kanker di dalam tubuh manusia. Selain itu ketiga zat ini akan memicu produksi enzim khusus dalam sel yang bertugas untuk membuang berbagai racun dan membunuh kanker. Asam klorogenat sendiri bersifat antimutagen, yang bisa melawan terjadinya mutasi gen penyebab kanker.

7. Menurunkan Berat Badan

Terong memiliki kandungan serat yang dapat membuat perut merasa kenyang lebih lama dan mengandung asam klorogenat, yaitu fitokomia yang di temukan dalam kopi yang terbukti memiliki sifat anti obesitas. Terong juga rendah kalori.

8. Mengontrol Kadar Gula Darah

Terong memiliki kandungan serat dan karbohidrat larut yang rendah. Sehingga, terong sangat bermanfaat untuk mengatur gula darah dan mengontrol penyerapan glukosa.




Tidak hanya kaya manfaat terong juga memiliki efek samping jika dikonsumsi terlalu banyak. Berikut efek samping buah terong jika di konsumsi berlebihan:

  • Terong mengandung phytohormones yang dapat merangsang menstruasi berlebihan.
  • Kemungkinan dapat menyebabkan aborsi. Karena terong bersifat merangsang menstruasi dan dan dapat menyebabkan masalah keasaman sehingga tidak di sarankan untuk mengkonsumsi terong saat hamil.
  • Dapat menimbulkan alergi. Alergi itu seperti mual, pembengkakan tenggorokan, gatal-gatal dan ruam.
  • Dapat mengganggu kinerja obat antidepresan dan antihipertensi bagi yang sedang mengkonsumsi obat tersebut. Karena terong mengandung tyramine di dalamnya yang dapat menyempitkan pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah.
  • Terong merupakan sumber nitrat alami yang merubah nitrit dalam tubuh kita. Nitrat bereaksi dengan asam amino dan membentuk nitrosamin yang tidak aman jika dikonsumsi berlebihan.

Itulah sejuta manfaat dari terong yang akan kita dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin, semoga ulasan mengenai manfaat terong yang baik untuk kesehatan serta kecantikan dapat menambah wawasan teman-teman Agustinnesia, kamu juga bisa membagikan ulasan ini ke teman dekatmu siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, nantikan artikel bermanfaat lainnya di Agustinnesia.com Terimakasih.

Waalaikumsalam Teman-teman Agustinnesia

Artikel buah lainnya :

Artikel kain lainnya :




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *