20 Manfaat Buah Manggis, Dan Kulit Manggis Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Saat kita menonton televisi pernah kita melihat iklan menawarkan mengenai ekstrak manggis, tentu sebagian teman teman pernah melihatnya walaupun hanya sekilas saja, pada ulasan kali ini agustinnesia akan memberikan ulasan mengenai buah manggis si ratu buah berwarna merah keunguan, buah manggis cukup populer di indonsia rasanya yang manis dan asam pada daging buahnya cukup nikmat ketika kita memakannya, namun apakah teman teman mengetahui apa yang terkandung di dalam buah manggis tersebut? Tidak hanya buahnya kulit manggis pun juga akan kaya manfaatnya, Pasti ada yang belum tahu iya kan?, ulasan dibawah ini merangkum informasi mengenai manfaat dari si ratu buah tersebut yuk simak ulasan mengenai manfaat buah manggis bagi kesehatan kiat :

Buah Manggis – image from : Nusantaranews




Manfaat buah manggis sangat fenomenal dan sampai saat ini buah manggis disebut sebagai ratu buah karena khasiatnya yang memang super. Manggis dapat mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit berbahaya seperti kanker, inilah yang menjadikan buah manggis buah yang super luar biasa.

Hasilnya penelitian yang dilakukan mengungkapkan bahwa buah manggis dan kulit buahnya kaya dengan 40 lebih zat xanthones yang merupakan salah satu antioksidan yang sangat bermanfaat di dunia.

Manfaat manggis tidak hanya memiliki zat super “xanthones”. Dalam buah terkandung juga polikasadina cathechins, dan polyphenols yang merupakan salah satu bahan antikulat dan bakteri. Perlu diketahui Xanthones adalah salah satu komponen aktif yang utama dari buah manggis.

1. Kandungan Buah Manggis

Selain zat super yang kita namakan xanthones, manggis juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup tinggi.

  • Vitamin C, BI & B2
  • Zat besi, niasin, protein, serat fiber, kalsium, dan lainnya.

2. Manfaat Buah Manggis

Manfaat buah manggis terutama yang paling terkenal adalah mencegah dan mengobati kanker, manggis telah terbukti dapat meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh manusia. Dengan berbagai zat yang terkandung dalam buah manggis, maka manfaat buah ini dapat dikategorikan menjadi salah satu bentuk “tanaman obat”. Berikut adalah beberapa manfaat yang diyakini dimiliki oleh buah manggis :

3. Mencegah Kanker

Manfaat dari buah manggis dalam mencegah kanker memang sangat luar biasa, bahkan penyakit kanker dan gejala kanker dapat diobati dengan menggunakan manfaat buah yang dikenal sebagai ratu buah ini. Hasil penelitian menunjukan yang paling utama terkait kanker ini adalah mencegah berkembangnya tumor yang disebabkan oleh adanya senyawa garcinone E.

Jadi perlu diingat bagi Anda penderita kanker harap hati-hati dalam mengkonsumsi buah manggis ini karena ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa manfaatnya belum teruji betul terhadap masalah kanker. Bukti akademis pengobatan kanker atau untuk pencegahnya memang belum terbukti, dalam Journal of Society of Intergrative Oncolgy, para ilmuan bahkan memperingatkan kadar gula darah.

Namun tetap terkandung zat xanthones dalam manggis sangat dipercaya dalam mencegah dan memerangi kanker, namun ada baiknya Anda konsultasi dengan dokter mengenai masalah ini.

4. Mengurangi Rasa Sakit

Manggis selain manis rasanya juga memiliki zat anti-inflamasi yang dapat memerangi rasa sakit (perdangan, nyeri, dan kerusakan sendi, arthritis, atau nyeri yang disebabkan oleh latihan olahraga dan luka ringan).

5. Mencegah Infeksi

Senyawa yang terdapat pada buah manggis diyakini dapat menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri yang menyebabkan berbagai jenis infeksi pada luka. Teoir ini ditunjang oleh beberapa penelitian yang diterbirkan pada edisi Juli 2003 dari “Chemical and Pharmacutical Bulletin”, pada penelitian ini peneliti menguji xanthones dari buah manggis dan membuktikan bahwa zat ini dapat menghentikan pertumbuhan bakteri tuberkolosis yang menjadi penyebab infeksi.

6. Kaya Antioksidan

Kandungan Andioksidan dalam buah manggis dapat membantu membuang radikal bebas yang terdapat pada tubuh dan menghilangkan racun tertentu akibat dari polusi.

7. Baik Untuk Tekanan Darah Tinggi

Manfaat buah, manggis lainnya yang dipercaya cukup besar adalah sangat baik untuk penderita tekanan darah tinggi, kandungan serat dan vitamin serta mineral sangat mendukung manfaat untuk mengatasi tekanan Darah Tinggi.

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Khasiat Kulit Buah Manggis – image from : doktersehat.com




Perkembangan buah manggis sangat pesat sekali di Indonesia, kita hampir setiap hari menghindar iklan mengenai buah yang satu ini. Dari berbagai testimonial yang beredar dan informasi yang dihampun dari berbagai konsumen telah menggunakan buah manggis yang luar biasa ini. Berikut adalah beberapa keluhan penyakit yang dapat diatasi oleh buah manggis :

  • Membantu mencegah dan memerangi penyakit Alzheimer dan Parkinson
  • Menghilangkan alergi
  • Menjaga kesehatan usus, dapat menagatasi diare, sembelit, merangsang kesehatan usus normal.
  • Menjaga kesehatan otak dan syaraf.
  • Mengatasi katarak
  • Sakit kepala sebelah (migrain)
  • Mengurangi stress dan depresi
  • Mengurangi Kolesterol
  • Membantu mencegah obesitas
  • Mencegah penuaan dini.

8. Efek Samping Buah Manggis

Sejumlah penelitian menunjukan bahwa xanthones dapat menganggu pembekuan darah yang normal. Belum dapat dijelaskan mengenai zat xanthones pada manggis apakah dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah dan (seperi warfarin) atau tidak, Mungkin juga dapat menyebabkan perndarahan.

Studi juga mempublikasikan penggunaan xanthone dalam dosis tingggi dapat menekan sistem saraf pusat pada hewan dan menyebabkan sedasi. Xanthones dapat menyebabkan kelebihan sedasi bila dikombinasikan dengan herbal atau obat-obatan lainnya. Selain itu juga terdapat potensi keracunan dalam posisi yang lebih tinggi, objek penelitian ini masih ada binatang, belum dilakukan pada manusia.

Amankan Menggunakan Buah Manggis untuk Masalah Kesehatan?

Selain buahnya yang manis dan asam, manggis juga memiliki khasiat yang mungkin memaksakan anda untuk menjadikan salah satu obat pilihan untuk penyakit Anda. Namun apapun itu pastikan bahwa Anda berkonsultasi pada dokter terkait sebelum mencoba memilihnya sebagai kombinasi solusi penyakit Anda.

Namun saat ini sudah banyak sekali obat herbal yang dapat kita temukan berbahan dasar buah manggis dan ekstrak kulit manggis.

Manfaat Kulit Manggis – Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kulit Buah Manggis – image from : Kumpulantentangkesehatan.co.id

  • Anti Alergi dan Anti Inflamasi

Penelitian ilmiah menunjukan bahwa manfaat kulit manggis juga memiliki kedua zat anti alergi dan anti inflamasi. Sebuah studi tersebut menyatakan jika kandungan kulit manggis dapat memperbayak zat prostaglandin, dan khasiatnya lainnya terbukti ampuh menghambat kadar histamine dalam tubuh. Manfaat dari prostaglandin sebetulnya berguna meredakan peradangan (anti filamasi), yang bermana keduanya berkaitan dengan penyebab seseorang dapat mudah terkena alergi.

  • Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat kulit manggis lainnya adalah dapat mencegah dan menjaga kandungan gula darah yang menyebabkan seseorang terkana kencing manis dini. Sebuah studi yang diterbikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menunjukan, kandungan kulit manggis, alpha-amylase, sebanding dengan zat acarbose, fungsinya yaitu dapat menghambat enzim yang menyebabkan pati dalam tubuh terurai menjasi glukosa. Kandungan tersebut sama dengan zat yang terdapat dalam resep obat.

Mengapa demikian? Karena kemampuan menurunkan gula darah pada kulit manggis ini berasal dari asam tannic. Senyawa tersebut juga terdapat pada zat kompleks proantosianidin oligomer (OPC).  OPC ini banyak tersedia dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji, bunga, dan serat kulit kayu. Selain itu baik untuk gula darah, OPC pada kulit manggis diketahui berlimpah zat andioksidan. OPC tersebut mengandung zat antibakteri, antivirus, anti kanker, anti inflamasi, anti alergi dan vasodilatasi.

  • Kulit Manggis Untuk Obat Jerawat

Manfaat lain kulit manggis juga dapat mengobati kulit, baik untuk wilayah wajah yang bermasalah. Sebuah studi dari Thailand menyatakan, zat antioksidan pada kulit buah manggis ampuh melenyapkan produksi reaktif oksigen yang mengandung zat berbahaya, yang mana kedua factor tersebut mampu mempengaruhi pertumbuhan jerawat.

Selain itu, kulit manggis sangat efektif terhadap radikal bebas, tetapi juga mampu menekan produksi sitokin pro inflamsi yang berkontribusi terhadap pembentukan jerawan atau peradangan pada kulit.

Ekstrak Kulit Manggis – image from : otcdigest.id

  • Cara Pemakaian Alami Kulit Manggis Untuk Kecantikan

Menumbuk halus kulit manggis – Anda dapat mencoba nya dirumah, dengan menumbuk halus kulit buah manggis dengan mencampurkan madu, hal ini dapat mereda pertumbuhan jerawat dan dapat memutihkan, mencerahkan kulit secara alami lakukan secara berkala / rutin setiap hari pada saat Anda akan tidur dan bangun tidur sebelum beraktifitas, luluskan perlahan larutan tumbukan kulit manggis dan madu tersebut pada wajah namun Anda harus berhati” jangan sampai terkena mata, karena dapat menyebabkan perih / iritasi pada mata, tunggu sampai mongering, setelah mongering basuh wajah Anda dengan air bersih mengelir.

Jika kamu ingin mendapatkan kulit cerah / putih pada bagian tertentu maka hal ini dapat anda lakukan dengan cara yang sama, lakukan secara rutin setiap hari.

Mengeringkan Kulit Manggis – Cara yang kedua adalah dengan mengeringkan kulit manggis untuk menjadi teh kulit manggis, banyak orang sudah mencobanya selain berkhasiat sebgai obat herbal kulit manggis juga bermanfaat untuk kecantikan, meminum teh kulit manggis secara rutin dapat menjaga kulit Anda tetap cerah, antioksidan dalam yang terkandung dalam kulit buah manggis dapat melancarkan pada peredaran darah Anda. Hal ini menjadikan kulit Anda tampak segar dan cerah.

Nah itu tadi manfaat dari buah dan kulit manggis untuk kesehatan dan kecantikan, Kamu dapat mencobanya dirumah jika ingin mencoba, jangan buang kulit manggis setelah mamakannya, semoga artikel ulasan mengenai buah dan kulit manggis bisa bermanfaat untuk kamu teman-teman agustinnesia. Tunggu artikel selanjutnya yang akan membahas mengenai berbagai macam kesehatan. Kamu boleh membagikan artikel ini dengan klik tombol share ke teman-teman kamu atau keluarga kamu, semoga dapat bermanfaat untuk orang lain juga. Terimakasih teman-teman Agustinnesia.

Waalaikumsalam Teman-teman Agustinnesia.




Artikel buah lainnya :

Artikel kain lainnya : 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *