15 Manfaat & Khasiat  Buah Kecapi Untuk Kesehatan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Sudah pernah mendengar buah kecapi? Atau pernah mengkonsumsi buah kecapi? Bagi yang belum pernah mengkonsumsi atau mencoba buah kecapi, cobalah untuk mengkonsumsi buah kecapi. Buah kecapi memang jarang terdengar karena buah kecapi terolong buah yang langka saat ini dan masih jarang dibudidayakan oleh masyarakat, namun taukah teman-teman buah kecapi mengandung banyak manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh kita, pada ulasan kali ini Agustinnesia akan membagikan ulasan mengenai manfaat dan khasiat yang terkandung dalam buah kecapi, penasaran apa saja manfaatnya, yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

Buah kecapi merupakan jenis buah yang hampir sama seperti buah manggis, hanya warnanya saja yang berbeda. Buah ini berwarna kekuningan dengan tampilan sedikit lebih gelap. Bentuknya yang kecil dan juga bulat memiliki ukuran biji yang besar. Buah kecapi termasuk buah dengan rasa yang manis dengan sedikit rasa asam. Buah yang satu ini sering diolah menjadi selai ataupun manisan, dan dapat menjadi bahan wewangian.

Buah Kecapi – image from : Bukalapak.com

Walaupun ukurannya kecil dan terlihat sederhana, Anda tidak bisa meremehkan manfaat serta khasiat dari buah kecapi. Hal ini tidak terlepas dari daging buah dan kulitnya yang dapat langsung untuk Anda konsumsi. Anda mungkin akan sedikit kesulitan untuk menemukan buah ini karena buah kecapi sangat jarang dijual dipasaran.

Berikut ini manfaat dan khasiat yang terkandung dalam buah kecapi yang untuk Anda ketahui:

1. Mengobati Demam

Bagi Anda yang sering terkena penyakit demam dan anak Anda yang rentan akan penyakit ini, Anda bisa mengobatinya dengan mengkonsumsi kecapi. Manfaat buah kecapi terkenal dengan fungsinya yang bisa menjadi obat demam.

2. Obat Sakit Perut

Sakit perut bisa timbul karena beberapa faktor, bisa karena bakteri atau asam lambung yang meningkat. Anda dapat mengkonsumsi buah kecapi ketika Anda mengalami sakit perut, Rasa manis dan sedikit asam bisa menetralisir rasa sakit perut Anda. Khasiat buah kecapi untuk perut juga melancarkan pencernaan Anda.

3. Penguat Kaum Hawa Setelah Melahirkan

Buah kecapi juga bisa dikonsumsi untuk ibu yang baru saja melahirkan. Buah ini berfungsi sebagai sumber energi yang sehat untuk semua wanita setelah melahirkan, agar senantiasa sehat dan segar kembali. Ibu yang sehat akan bisa lebih produktif untuk memberikan ASI dan merawat bayinya.

4. Mengobati Penyakit Cacing Gelang




Anak-anak rentan terhadap serangan berbagai macam penyakit cacing gelang karena mereka sering bermain di sembarangan tempat. Cacing gelang dapat masuk ke dalam perut melalui makanan, Jika terkena penyakit ini, solusinya adalah memakan buah kecapi. Khasiat dijadikan obat untuk penyakit cacing gelang.

5. Anti Kanker

Khasuat dan manfaat buah kecapi lainnya juga sudah terbukti secara medis bisa mencegah penyakit kanker. Anda bisa mengonsumsi buah ini dengan teratur bagi tubuh Anda bisa lebih terjaga dari penyakit kanker yang menjangkit tubuh. Kanker merupakan penyakit berbahaya, sehingga perlu dicegah sejak dini.

6. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol yang berlebihan tentunya bukan hal yang baik. Jika berlebihan, banyak jenis penyakit yang akan menyerang Anda, termasuk serangan jantung. Untuk itu, makanlah buah kecapi agar bisa menurunkan kolesterol Anda. Manfaat buah kecapi juga bisa untuk menurunkan kolesterol bisa dirasakan tidak hanya pada jantung, tapi juga organ lainnya seperti paru-paru.

7. Melancarkan Pencernaan

Perut yang sakit juga bisa diakibatkan dari sistem pencernaan yang tidak berjalan dengan lancar. Sisa makanan yang Anda konsumsi bisa tersangkut di organ pencernaan. Khasiat buah kecapi untuk pencernaan disebabkan karena buah ini kaya akan serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan Anda.

8. Menyembuhkan Peradangan

Manfaat buah kecapi juga bisa membantu Anda untuk menyembuhkan peradangan, seperti peradangan pada tenggorokan. Buatlah jus dari perasaan sari buah ini agar lebih mudah dikonsumsi, terutama untuk tenggorokan Anda. Tenggorokan pun bisa terasa lebih segar dan juga enak.

9. Menghambat Sel Tumor Kulit

Penyakit tumor banyak macamnya, termasuk tumor kulit. Tumor kulit dapat dicegah dengan memanfaatkan buah kecapi. Mengkonsumsi buah ini dengan rutin bisa menghambat sel tumor kulit yang ada di tubuh Anda.

10. Obat Kram Perut

Masih berkaitan dengan perut, kram perut sudah menjadi hal yang wajar jika perut bisa terasa kaku akibat dari beberapa faktor. Untuk menyembuhkannya, Anda bisa memanfaatkan buah kecapi sebagai obat yang berkhasiat guna meredakan kram perut.




Selain 10 manfaat dan khasiat buah kecapi untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

  1. Mengatasi kejang
  2. Peluruh biang keringat
  3. Mengatasi penyakit leukimia
  4. Penguat tulang
  5. Membuang angin dalam perut

Itulah 15 manfaat dan khasiat buah kecapi untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuain untuk teman-teman Agustinnesia, dalam menjaga kesehatan dengan mengonsumsi buah yang sehat. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *