Manfaat Buah Frambos Atau Rasberry Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Buah frambos, udah pada pernah makan buah yang satu ini secara langsung?. Atau ada yang belum pernah tapi pernah mengkonsumsi minuman yang memiliki rasa frambos? Pada ulasan kali iniAgustinnesia akan memberikan ulasan mengenai manfaat buah frambos yang memiliki kandungan nurisi yang baik untuk kesehatan tubuh kita serta untuk kecantikan, buah frambos memang jarang dijual dipasaran seperti buah lainnya seperti buah apel atau jeruk, karena buah frambos masih jarang yang membudidayakan, hanya beberapa orang yang menanam tanaman yang menghasilkan buah frambos, dikarenakan tanaman buah frambos hanya tumbuh didataran tinggi, buah frambos sekilas mirip dengan buah murbai, atau strawberry namun yang membedakan adalah ukuran buahnya dan bentuk dari buah frambos, namun taukah kamu jika buah frambos ini memiliki banyak sekali nutrisi yang bermanfaat yang berguna dan dibutuh kita, daripada penasaran yuk simak ulasan lengkapnya dibawah ini:

Buah Frambos




Frambos adalah tanaman semak yang dapat tumbuh dimana saja berbagai dunia. frambos merupakan keluarga rubus. Buah frambos yang matang akan berwarna merah, hitam, ungu atau kuning keemasan tergantung jenis dan rasa manisnya. Buah ini berbeda dengan berry lainnya karena memiliki rongga ditengah setelah diambil tangkainya. buah dari eropa ini biasanya kita dapati sudah dalam bentuk sirup atau selai yang dijual di pasaran dan supermarket.

Buah ini memiliki banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusi, kandugnan nutrisi tersebut diantaranya:

  • Lemak, serat, gula, karbohidrat, betakaroten, protein, zat besi, mangan, sodium, kalsium, asam ellagic, asam salisilat, antioksidan,vitamin A,C dan K.

sangat baik jika mengkonsumsi buah frambos dalam keadaan masih fresh karena nutrisinya masih terjaga, jika sudah mengalami olahan seperti sirup dan selai dapat mengurangi nutrisinya apalagi jika sudah di tambah bahan pengawet.

Berikut manfaat buah frambos:

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain mengandung antioksidan yang tinggi dan baik bagi kesehatan kulit. Dengan meminumnya akan membuat kulit menjadi sehat, kencang, dan bersinar.

2. Menghambat Radikal Bebas

Antioksidan sangat diperlukan tubuh untuk mengurangi radikal bebas dalam tubuh sehingga tidak berkembang dan menyebabkan penyakit berbahaya seperti penuaan dini.

3. Baik Untuk Kesehatan Mata

Dengan kandungan anthocyanin dan Vitamin A pada frambos dapat membantu meningkatkan kemampuan mata dalam melihat sehingga mata lebih tajam dan jernih.

4. Meminimalisir resiko retinopati

Restinopati adalah penyakit yang dimana pembuluh darah dan retina mata mengalami kerusakan. untuk meminimalisir hal tersebut dapat mengkonsumsi jus frambos. Dengan kandungan anthocyanin yang dimilikinya dapat meningkatkan sirkulasi kapiler pada retina mata sehingga penderita diabetes tidak mudah terkena retinopati.

5. Mencegah Terjadinya Degenerasi Makula

Pertambahan usia merupakan salah satu faktor resiko penyakit degenerasi makula yang menyerang retina mata ditengah lapisan dalamnya di mana terdapat banyak sel batang dan kerucut. Penyakit ini ditandai dengan berkurangnya kemampuan penglihatan sentral sehingga penderitanya sulit untuk membaca, menulis, dan mengenali wajah seseorang. Dengan mengkonsumsi frambos yang memiliki kandungan anthocyanin dapat mencegah terjadinya penyakit ini.

6. Mengatasi Peradangan

Peradangan pada dasarnya merupakan hal yang baik karena ia merupakan bentuk perlindungan tubuh terhadap dirinya sendiri dari berbagai rangsangan berbahaya. Gejala penyakit ini, anggota tubuh menjadi nyeri, bengkak dan muntah-muntah. Kita dapat mengurasi rasa sakitnya dengan mengkonsumsi jus buah frambos yang mengandung fitonutrien yang baik untuk mengatasi peradangan.

7. Melawan Sel Kanker

Kandungan fitonutrien seperti asam ellagic yang dimilikinya akan menghambat berkembangnya sel-sel kanker, sehingga kanker tidak semakin ganas.

8. Membantu Proses Metabolisme

Kandungan mineral pada frambos adalah mangan dimana bermanfaat untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh khususnya metabolisme vitamin B1 dan vitamin E.

9. Menurunkan Berat Badan

Kandungan mangan pada frambos dapat membakar lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Selain itu kandungan seratnya dapat membuat perut lebih lama merasa kenyang. Sehingga cocok untuk kalian yang sedang program diet.

10. Detoksifikasi

Jika tidak bisa terhindar dari zat beracun dan polusi yang masuk kedalam tubuh baik dari makanan yang di makan maupun udara yang dihirup. Kita perlu melakukan detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun di dalam tubuh dengan mengkonsumsi buah frambos karena jika di biarkan akan menumpuk di dalam tubuh.

11. Mencegah Kerusakan Hati

Mengkonsumsi frambos dapat mencegah terbentuknya plak di dinding jantung yang bisa menyebabkan terjadinya kanker hati, selain itu frambos dapat membakar lemak di area organ hati sehingga hati terhindar dari penumpukan lemak.

12. Mengontrol Kadar Gula

Mengkonsumsi frambos di anjurkan bagi penderita diabetes karena tidak berpengaruh buruk pada kadar gula darah. Hal ini didukung oleh rendahnya kandungan indeks glikemik pada frambos. Selain itu minuman ini juga mengandung adinopectin sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

13. Meminimalisir Resiko Serangan Jantung

Asam ellagic salah satu senyawa yang dapar meminimalisir resiko serangan jantung. Dengan cara mengkonsumsi buah segarnya atau membuat jus dari buah segar frambos.

14. Melawan Aterosklerosis

Aterosklerosis merupakan penyakit yang di sebabkan penimbunan berbagai macam zat seperti lemak, trombosit, leukosit, sel magrofag, kalsium, kolesterol, pada lapisan dalam dan tengah pembuluh darah. Timbunan ini disebut plak ateroma dan menyebabkan pembuluh darah mengalami pengerasan sehingga menghambat bahkan menyumbat aliran darah. Kandungan asam salisilat pada frambos dapat membantu mengatasi penyakit ini.

Itulah manfaat serta khasiat buah frambos yang berguna untuk kesehatan serta kecantikan tubuh kita, jika kamu ingin mendapatkan nutrisi yang memiliki efek baik untuk kesehatan tubuhmu, ada baiknya dikonsumsi secara rutin setiap hari selain dimakan langsung anda juga dapat membuat jus frambos dengan campuran madu. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan teman-teman, kamu juga bisa membagikan ulasan ini ke keluarga atau teman kalian siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain disekitarmu, tunggu artikel berikutnya dari Agustinnesia.com, terimakasih.

Waalaikumsalam – Teman teman

Artikel buah lainnya :

Artikel kain lainnya : 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *