12 Manfaat Buah Nangka dan Bijin Nangka Bagi Kesehatan Tubuh

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Sudah pernah makan buah nangka belum teman-teman? Tentu sebagian besar masyarakat indonesia pernah memakan buah nangka bagi yang suka, bagi yang kurang suka dengan buah nangka pasti sudah pernah melihat buah nangka itu seperti apa?. Bagi yang suka dengan buah nangka, udah tahu belum jika buah yang satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita agustinnesia sudah merangkum beberapa manfaat buah nangka simak Berikut ini ulasan selengkapnya :

Buah nangka merupakan buah yang multifungi karena selain dapat dimakan langsung seperti buah-buahan lain, buah nangka yang mudah dimasak sebagai campuran berbagai sayuran. Untuk ukurannya sangat bervariasi dan selain itu buah nangka mengeluarkan wangi yang sangat khas jika buahnya sudah matang seperti buah durian. Selain rasanya yang enak, mengkonsumsi buah nangka dan bijinya juga dapat dikonsumsi untuk memberikan manfaat kesehatan.

Buah Nangka Matang – image from : Hello Sehat


Manfaat Buah Nangka

Nanagka merupakan sumber kalori seperti pada manfaat buah durian, namun merupakan kandungan gula yang sederhana seperti fruktosa dan glukosa yang terdapat langsung dirubah menjadi energi. Sejumlah mineral penting dan nutrisi terkandung dalam nangka seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C dan mineral seperti magnesium, fosfor, kalium, kalsium dan seng. Sehingga membuatnya penting untuk dikonsumsi sebagai menu buah harian. Dan berikut ini beberapa manfaat buah nangka bagi tubuh kita :

  1. 100g nangka yang dikonsumsi akan menyediakan 95 kalori. Buah ini daging yang lembut dan mudah dicerna dengan kandungan gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Ketika buah nangka dimakan akan langsung mengiri energi dan merevitalisasi tubuh dengan segar. Tapi jangan terlalu banyak dalam sekali makan, karena akan menimbulkan gas dalam perut.
  2. Nangka kaya akan serat makanan, yang membuatnya menjadi pencernah yang baik. Kandungan serat membantu melindungi selaput lendir usus dengan cara mengikat dan menghilangkan bahan kimia penyebab kangker usus besar.
  3. Buah nangka segar mengandung sejumlah kecil vitamin-A, dan pigmen flavonoid seperti karoten-b, xanthine, lutein dan cryptozanthin-b. Senyawa ini secara bersama-sama memainkan peran penting sebagai antioksidan dan mengoptimalkan pengelihatan. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga integritas membran lendir dan kulit. Manfaat buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A, dan karotenoid telah ditemukan untuk melindungi paru-paru dan kangker rongga mulut.
  4. Selain itu, nangka merupakan sumber antioksidan vitamin C yang menyediakan sekitar 13,7 mg atau 23 dari RDA. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan radikal bebas berbahaya. Vitamin C juga mampu menjadi antioksidan yang mampu melawan sel degenaritif yang memincu terjadinya gejala kanker.
  5. Buah nangka yang kaya akan kelompok vitamin B-kompleks. Nangka berisi jumlah sangat baik dari vitamin B-6 (pyridoxine), niasin, riboflavin, dan asam folat.
  6. Buah nangka adalah sumber yang baik akan kandungan kalium, kalsium, magnesium, mangan dan tekanan daerah.

Buah Nangka Sudah Matang – image from : hello sehat

Nangka merupakan buah yang lezat dan eksotis, tetapi mungkin kita biasa membuang bijinya tanpa menyadari jumlah nutrisi dan protein yang dikemas di dalamnya. Biji nangka dapat dikumpulkan dari buah yang sudah matang, kemudian dijemur untuk dimasak dan dimakan. Biji buah nangka yang kemudian kita kenal dengan nama beton ini, nikmat pula dikonsumsi dengan cara direbus. Berikut ini beberapa manfaat yang paling terkenal dari biji nangka, seperti berikut :


  1. Tinggi Protein – Biji nangka yang tinggi protein dapat mengkonsumsi untuk ditambahkan dalam masakan sebagian menu masakan yang berbeda. Hal ini dapat mengantikan kacang dalam asupan harian yang bervariasi.
  2. Mengatasi gangguan pencernaan – Biji nangka bubuk dapat membantu sebagi gangguan pencernaan- Biji nangka kering kemudian digiling untuk mendapatkan bubuk atau membeli bubuk nangka yang tersedia di pasar.
  3. Menyehatkan Rambut – Biji nangka meningkatkan sirkulasi darah yang sehat. Sirkulasi darah yang lancer, sengat penting untuk pertumbuhan rambut yang baik. Oleh karena itu buah nangka dapat mengoptimalkan pertumbuhan rambut.
  4. Mencegah kerusakan rambut – Biji nangka yang tinggi vitamin A, merupakan salah satu vitamin yang paling penting untuk kesehatan rambut karena mencegah kering dan kotor.
  5. Melawan Keriput – Ambilan biji nangka dan dicelupkan ke dalam susu dingin untuk sementara waktu. Giling atau blender dan terapkan pada keriput dengan lembut. Hal ini diyakini akan bekerja pada bagian yang keriput dalam waktu hanya sekitar empat sampai lima minggu. Lakukan secara teratur untuk hasil terbaik.
  6. Mendapatkan kulit mulus – Rendam biji nangka kering biji nangka kering dengan kombinasi manfaat madu dan susu. Kemudian giling menjadi pasta halus. Sekarang terapkan pasti pada wajah secara marata dan biarkan kering sepenuhnya. Setelah beberapa waktu bilas dengan  air bersih.

Selain bagian buah dan bijinya,  bagian tanaman nangka yang sangat bermanfaat bagi manusia adalah batang yang kuat dan digunakan untuk pembuatan furniture. Kayu nangka tidak mudah lapuk atau dimakan rayap. Sehingga akan membuat furniture berbahan kayu nangka senantiasa awet. Selain itu daun tanaman nangka juga bermanfaat untuk sebagai pakan kambing, untuk daun nangka dapat mengobati sakit diare padahewan ternak kambing.

Pemilihan dan Penyimpanan Buah Nangka

Buah nangka merupakan tanaman asli Asia Tenggara. Dijual di pasar seluruh dunia dan juga diimpor ke Amerika Serikat dan Eropa. Orang-orang memiliki perbedaan dalam preferensi kematangan, sementara beberapa menyukai yang tidak terlalu matang. Biasanya buah nangka akan jatuh dari pohon dikumpulkan dimasukan untuk dijual. Memilih buah nangka di pasar yang masih ada tangkainya. Di luar dari habitat aslinya, nangka merupakan satu buah yang mahal. Beberapa varieties seperti D24 (sultan) sangat diminati dengan permintaan tinggi sehingga harga yang lebih mahal. Buah Nangka juga dapat disimpan di dalam lemari es selama beberapa hari.

Jika sudah masak buah nangka akan mengeluarkan bau yang khas seperti buah durian jika sudah masak memiliki bau harum yang khas, selain itu jika kita tabok pada buah nangka yang matang akan berbuni gema didalamnya hal ini menandakan jika buah nangka sudah matang.

Tanaman pohon nangka sendiri merupakan tanaman yang buahnya musiman, sehingga dapat dengan mudah jika sedang musimnya atau biasa menjadi lebih mahal, jika sedang tidak musim. Maka dari itu, banyak inspirasi memanfaatkan buah nangka, seperti bermunculan keripik-keripik nangka, slai buah nangka, dodol nangka dan gudeg nangka muda.

Semoga ulasan diatas dapat menambah wawasan teman-teman Agustinnesia, kamu juga bisa membagikan ulasan ini ke keluarga atau teman dekatmu siapa tahu bisa bermanfaat untuk orang lain juga, nantikan artikel bermanfaat lainnya di Agustinnesia.com, terimakasih teman-teman Agustinnesia.

Waalaikumsalam – Teman teman Agustinnesia




Artikel buah lainnya :

Artikel kain lainnya : 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *