10 Manfaat Buah Markisa Bagi Kesehatan Kita

Assalamualaikum – Teman teman Agustinnesia

Pernah menemukan buah markisa? Itu tanaman yang sering dijadikan hiasan atau tumbuhan perindang dirumah-rumah, jika belum pernah melihat tanaman markisa kamu bisa menanyakan ke teman terdekat mu atau keluargamu yang tahu mengenai seperti apa buah markisa, gambar bibawah ini adalah tumbuhan markisa yang memiliki buah kecil kuning jika sudah masak / matang buahnya, jika masih melum masak buah markisa akan memiliki warna hijau, tanaman ini merambat mengikuti alur dari yang di cengkram oleh tangan rambat tanaman markisa.

Ulasan kali ini agustinnesia akan membagikan informasi yang informatif yang bisa kamu coba dirumah, mengenai manfaat buah markisa yuk simak ulasannya :

Markisa merupakan buah yang berasal dari daerah daratan Amerika Selatan dan dapat ditemukan tumbuh dengan liar di hutannya. Markisa termasuk buah yang memanfaatkan biji buahnya untuk dikonsumsi. Di Indonesia sendiri banyak yang sudah membudidayakan markisa sebagai salah satu komoditi yang mampu bersaing dengan buah-buahan lain. Beberapa produsen minuman seperti sirup, manisan, dan minuman kemasan, memanfaatkan buah markisa sebagai produk unggulannya. Ini karena markisa tidak kalah baik nutrisi-nya dengan buah-buahan pada jeruk, anggur, strawberry dan lain sebagainya.

Pada manfaat buah markisa terkandung banyak nutrisi yang sangat baik sekali bagi kesehatan manusia. Vitamin C merupakan salah satu yang dominan pada khasiat buah markisa seperti pada lemon, atau manfaat buah papaya. Kandungan Buah markisa banyak mengandung gizi seperti karoten, niasin, asam nitrat, zat besi, kalsium, dan fosfor. Berikut ini adalah beberapa manfaat kandungan gizi di dalam buah markisa.

Tumbuhan Buah Markisa – image from : hello sehat



1. Serat dan Protein

Meskipun beberapa orang lebih memilih mengkonsumsi markisa dalam bentuk jus, namun memakannya secara langsung juga dapat memberikan manfaat gizi tambahan. Segelas markisa utuh mengandung 24,5 gram serat dan lebih dari 5 gram protein. Kandungan markisa tanpa biji akan mengurangi serat menjadi 0,5 gram per cangkir dan jumlah protein turun di bawah 1 gram.

2. Karotenoid

Segelas buah markisa mengandung vitamin A sekitar 25% dari nilai harian yang disarankan. Sangat penting untuk menjaga pengelihatan yang baik, kulit yang sehat, pertumbuhan, termasuk zata, beta, dan alpha karoten, b-cryptoxanthin dan lycopene, semua phytochemical non nutrisi yang membantu tubuh memproduksi vitamin A. Karotenoid larut lemak, sehingga memungkinkan penyerapan yang lebih baik dari vitamin A.

3 Antioksidan

Markisa kaya akan vitamin C, antioksidan yang melindungi diri dari kerusakan akibat radikal bebas penyebab, mencegah penuaan dini dan menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat. Dengan 1 porsi buah markisa memberikan semua vitamin C yang dibutuhkan setiap harinya. Hal ini juga memberi 10% dari folat yang dibutuhkan.

4. Zat Besi

Buah markisa merupakan sumber yang kaya akan zat besi. Institute of Medicine merekomendasikan bahwa laki-laki setidaknya harus mendapat 6 mikrogram zat besi dan perempuan mendapatkan 8,1 mikrogram, segelas buah markisa mentah bisa menyediakan hampir 4 miligram. Dicampurkan dengan sereal yang diperkaya dan sayuran yang kaya akan zat besi seperti brokoli, para vegetarian bisa mendapatkan jumlah zat besi yang cukup. Kandungan vitamin C dari buah markisa juga membantu tubuh menyerap kandungan zat besinya.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Satu porsi buah markisa setiap hari, dapat memenuhi ¼ kebutuhan harian kalium. Kalium adalah mineral penting dalam tubuh salah satunya adalah perannya sebagai vasodilator. Kalium diperlukan untuk menjaga keseimbangan cairan yang tepat dari sel-sel tubuh kita. Gerakan antara membran hanya melalui saluran yang diatur oleh kalium, sehingga jumlah mineral yang cukup sangat penting.

6. Meningkatkan Sirkulasi Pada Darah

Besi dan tembaga keduanya komponen penting dari produksi sel darah merah, sehingga memperbesar pembuluh darah dan kemudian, oksigen bisa mengalir bebas ke daerah-daerah yang diperlukan tubuh, merangsang aktivitas metabolism dalam semua sistem organ dan meningkatkan produktivitas. Fungsi aliran darah yang sehat sangat penting untuk tubuh.

7. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat buah-buahan merupakan sumber serat yang kuat, dan satu porsi buah markisa menyediakan 98% kebutuhan serat harian. Serat merupakan salah satu komponen penting, karena mengandung zat yang memfasilitasi pencernaan makanan yang sehat dan pengaturan buang air besar. Buah markisa merupakan sumber serat larut yang baik dalam plup dan bertindak sebagai pencahar masal, menggerakan makanan melewati saluran pencernaan. Hal tersebut juga akan mengurangi tanda-tand sembelit dengan mengatur buang air besar dan gangguan pencernaan lainnya.




Buah Markisa Sudah Masak / Matang – image from : hello sehat

8. Menyehatkan Fungsi Mata

Vitamin A selama ini dikaitkan dengan peningkatan kesehatan mata, termasuk pencegahan macula, katarak, dan kebutuhan. Selain itu, tentang penampilan kulit bukan hanya mengandung andioksidan yang tinggi buah markisa juga mengurangi keriput, tapi vitamin A secara khusus berfungsi untuk meningkatkan kesehatan dan kulit. Termasuk mempromosikan fungsi membran seluruh tubuh, termasuk kulit agar tetap lembab dan bersinar.

9. Mengoptimalkan Sistem Imunitas

Sejak zaman kuno, markisa telah di budidayakan karena dorongan untuk sistem kekebalan tubuh. Penguatan kekebalan tubuh ini adalah karena adanya vitamin C, karoten, dan cryptozanthin. Bahkan, buah markisa memiliki lebih dari 100% dari total asupan yang diperlukan vitamin C untuk diet sehat. Semua vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan, yang menangkal radikal bebas dari tubuh dan mensterilkan mereka sebelum mereka dapat membahayakan sistem organ dan mengakibatkan Selain itu, Vitamin C merangsang aktivitas sel darah putih dan sisanya dari sistem pertahanan kekebalan tubuh, sehingga melindungi dari penyakit umum dan penyakit serius lainnya.

10. Pencegahan Kanker

 Dalam catatan yang terkait dengan kesehatan sistem kekebalan tubuh, buah markisa juga merupakan sumber yang kuat akan aktivitas anti karsinogenik dalam tubuh. Andioksidan dalam buah markisa terutama menghilangkan radikal bebar, yang menyebabkan kanker. Buah markisa juga mengandung vitamin A, berbagai flavonoid, dan senyawa fenolik, yang semuanya telah dikaitkan dengan sifat sifat anti-kanker, terutama untuk kanker mulut dan paru-paru.

Jus Buah Markisa – image from : grid.id

Manfaat dari buah markisa beragam seperti ulasan diatas, kita tidak bisa mengesampingkan perannya yang sangat baik bagi tubuh jika dikonsumsi secara teratur dan berimbang. Dan mulailah mengonsumsi buah-buahan seperti markisa, untuk memperoleh manfaat berbagai nutrisi-nya bagi tubuh kiat.

Itulah beberapa manfaat buah markisa bagi kesehatan manusia, jika kamu memiliki tanaman buah markisa belum mengetahui manfaatnya, setelah menyimak ulasan diatas menjadi tahu kan, jika buah dengan tanaman merambat ini memiliki kaya akan manfaat. Kamu bisa mencobanya dirumah teman-teman, semoga ulasan mengenai buah markisa diatas bermanfaat untuk kamu teman-teman agustinnesia. Jika artikel ulasan mengenai manfaat buah markisa ini menurut kamu bermanfaat, kamu boleh membagikan ke teman atau keluarga kamu sista, siapa tahu bisa bermanfaat untuk teman atau keluarga kamu. Terimakasih.

Waalaikumsalam teman-teman Agustinnesia.



Artikel buah lainnya :

Artikel kain lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *